Pep Guardiola (kanan) dianggap sosok yang berjasa terhadap Lionel Messi. (Foto: Unique)
Andika Rachmansyah

BARCELONA, iNews.id - Ada setidaknya lima legenda pernah bermain dan melatih Barcelona. Kira-kira siapa yang paling jenius?

Saat ini kursi kepelatihan Barcelona diduduki Xavi Hernandez. Dia adalah mantan pemain sekaligus kapten Blaugrana.

Kariernya sebagai pemain cukup hebat lantaran bisa mempersembahkan delapan titel Liga Spanyol dan empat trofi Liga Champions. Namun kiprahnya di kursi pelatih masih belum menterang.

Barcelona asuhannya saat ini duduk di posisi kelima Liga Spanyol berbekal nilai 35. Blaugrana juga sudah tersingkir dari Liga Champions dan harus puas mentas di Liga Europa.

Jauh sebelum Xavi, ada beberapa legenda lainnya yang pernah bermain dan melatih Barcelona.

Berikut ini 5 Legenda yang Pernah Bermain dan Melatih Barcelona: 

1. Johan Cruyff

Nama yang pertama adalah Johan Cruyff. Dia salah satu legenda dalam dunia sepak bola. Pria asal Belanda ini tidak hanya sukses ketika dirinya membela Barcelona melainkan saat menjadi juru taktik.

Sebelum memutuskan untuk melatih Barcelona, Cruyff sebelumnya menakhodai tim asal Belanda, Ajax Amsterdam. Kemudian dia pindah ke Blaugrana selama delapan tahun lamanya yaitu dari 1988 hingga 1996.

Prestasi yang dia persembahkan untuk mantan timnya tidak main-main. Cruyff berhasil mempersembahkan Barcelona 11 gelar juara, yang mana satu di antaranya adalah trofi Liga Champions 1991/1992.

2. Ronald Koeman

Ronald Koeman merupakan pelatih Barcelona sebelum dirinya diganti oleh Xavi Hernandez. Seperti diketahui, Blaugrana mengakhiri kerjasama dengan legendanya itu setelah dia tidak bisa memberikan kinerja yang apik.

Masa tugasnya juga bisa dibilang cukup singkat yaitu hanya satu musim saja. Selama memimpin Barcelona, Koeman mencatatkan 67 pertandingan di semua kompetisi. Sebelum dipecat, dia berhasil mempersembahkan trofi Copa del Rey 2020/2021.

3. Ernesto Valverde

Selanjutnya, ada nama Ernesto Valverde. Dia pernah bermain membela Barcelona pada musim 1988 sampai 1990. Setelah memutuskan gantung sepatu, Valverde pun berkarier sebagai pelatih.

Sebelum menjadi pelatih Barcelona pada 2017, dia melatih Athletic Bilbao. Valverde pindah ke tim lamanya itu untuk menggantikan posisi Luis Enrique. Dia menjadi juru taktik Blaugrana hingga musim 2020.

Prestasi Valverde sebagai pelatih Barcelona bisa dibilang tidak terlalu buruk. Pasalnya, pria berpaspor Spanyol itu mampu mempersembahkan empat gelar juara, yakni dua trofi La Liga, satu Piala Super Spanyol, dan satu Piala Spanyol.

4.Luis Enrique

Luis Enrique pernah bermain membela Barcelona selama delapan musim. Tepatnya pada 1996 sampai 2004. Menariknya, dia juga pernah bermain untuk tim rivalnya yaitu Real Madrid sebelum hengkang ke Camp Nou.

Enrique melatih Barcelona pada musim 2014. Track record dia selama menukangi Blaugrana bisa dibilang cukup sukses. Pasalnya, pria asal Spanyol itu berhasil mempersembahkan 9 gelar juara. Itu termasuk treble winner pada 2014/2015. Hingga akhirnya dia pun hengkang dari Camp Nou pada musim 2017.

5. Pep Guardiola

Nama Pep Guardiola mungkin tidak asing bagi para penggemar Barcelona. Dia pernah bermain pada 1984 sampai 2001. Kala itu, dirinya berposisi sebagai gelandang bertahan.

Sebelum menjadi juru taktik Blaugrana, Guardiola awalnya merupakan pelatih Barcelona B. Hingga akhirnya, pria berkepala plontos itu dipercaya menjadi pelatih tim utama setelah Frank Rijkaard dipecat pada akhir musim 2007-2008.

Guardiola bisa dibilang sebagai salah satu sosok pelatih yang paling sukses sepanjang sejarah Barcelona. Sebab, pria berusia 51 tahun itu berhasil mempersembahkan 14 trofi termasuk dua diantaranya trofi Liga Champions.

Itu tadi legenda yang pernah bermain dan melatih Barcelona. Siapa yang jadi favorit Anda, Cules?


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT