Timnas Indonesia U-16 bakal menghadapi Timnas Vietnam U-16 dalam partai final Piala AFF U-16 2022. Ada 5 pemain Vietnam yang harus diwaspadai. (Foto: Instagram/@aff.presse)
Andhika Khoirul Huda

SLEMAN, iNews.id- Timnas Indonesia U-16 bakal menghadapi Timnas Vietnam U-16 dalam partai final Piala AFF U-16 2022. Ada 5 pemain Vietnam yang harus diwaspadai.

Laga tersebut akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada Jumat (12/8/2022) pukul 20.00 WIB. Ini merupaka ulangan pertandingan terakhir Grup A pada pekan lalu. Kala itu, Tim Merah-Putih sukses membungkam The Golden Star –julukan Vietnam- dengan skor 2-1.

Meski menorehkan catatan apik, Pelatih Indonesia U-16, Bima Sakti, tak ingin anak buahnya jemawa. Dia mau Pasukan Garuda Muda tetap fokus dan bekerja keras serta tidak meremehkan Vietnam agar bisa meraih kemenangan di partai final untuk merengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Ini 5 pemain Vietnam yang harus diwaspadai Indonesia di Final Piala AFF U-16 2022:

1. Nguyen Cong Phuong

Nguyen Cong Phuong merupakan Gelandang yang juga kapten The Golden Star. Dia merupakan pemain yang cerdik mengatur ritme permainan timnya.

Dia sangat lihai menjalankan perannya sebagai pengalir bola ke lini depan. Selain itu, pemain Ha Noi FC ini juga memiliki kemampuan bertahan yang sangat agresif.

Bahkan, Cong Phuong menorehkan dua gol dalam dua laga terakhirnya di turnamen ini. Salah satunya adalah gol penalti ke gawang Indonesia pada pertandingan terakhir Grup A.

Oleh karena itu, pemain yang satu ini harus ditempel ketat oleh pemain tengah Indonesia agar serangan Vietnam tak mengalir dengan mulus. Jika motor serangan Vietnam itu bisa diredam, maka otomatis para pemain depan mereka yang berbahaya bisa lebih mudah untuk dikawal.

2. Hoang Cong Hau

Tak hanya Duc Thien yang tampil gemilang di lini depan Vietnam, tetapi juga ada Hoang Cong Hau. Pemain yang berposisi di sisi sayap kanan ini punya kecepatan dan skill individu yang apik yang sangat mungkin mengobrak-abrik tembok pertahanan Pasukan Garuda Muda.

Selain cepat dan lincah, Cong Hau juga cukup produktif meski beroperasi di sisi sayap. Dalam turnamen ini, dia sudah membukukan tiga gol dari lima pertandingan yang dijalaninya.

3. Phan Thanh Duc Thien

Duc Thien adalah ujung tombak andalan Vietnam dalam ajang Piala AFF U-16 2022 ini. Dia tampil sangat beringas sejak fase grup sebagai penyerang utama.

Pemain berpostur 178 cm itu sangat produktif mencetak gol ke gawang lawan. Buktinya, dalam turnamen ini dia sudah melesatkan empat gol dari lima pertandingan yang dilakoninya.

Jumlah gol tersebut pun menjadikannya salah satu pencetak gol terbanyak di turnamen ini. Oleh karena itu, barisan belakang Indonesia wajib menjaganya dengan ketat jika tak ingin kebobolan olehnya.

4. Le Dinh Long Vu

Selain memiliki pemain sayap kanan yang apik, Vietnam juga punya Le Dinh Long Vu di sisi sayap kiri mereka. Long Vu merupakan pemain yang memiliki kemampuan dribble yang mumpuni.

Long Vu juga mampu membaca ruang di lapangan dengan baik. Dia bisa tiba-tiba masuk ke kotak penalti dengan memanfaatkan celah di antara para pemain belakang lawan untuk menerima umpan dari lini tengah.

Kemampuannya itu pun membuahkan penalti bagi Vietnam saat mengahadapi Indonesia di fase grup. Dia lolos dari pengawalan dan berhasil masuk ke kotak penalti sebelum akhirnya dilanggar oleh Rizdjar Nurviat Subagja.

Untuk itu, para pemain belakang Indonesia harus bermain dengan rapat agar celah tersebut tak bisa dimanfaatkan oleh Long Vu. Ridzjar pun harus lebih berkonsentrasi lagi untuk mengawal pergerakannya.

5. Pham Dinh Hai

Tak hanya memiliki pemain outfield yang berbahaya, Vietnam juga punya penjaga gawang yang kokoh. Dia adalah Pham Dinh Hai.

Dinh Hai merupakan kiper yang lincah dan juga punya pembacaan arah bola yang baik. Selain itu, dia juga kuat ketika mengantisipasi bola-bola atas.

Sejauh ini, Dinh Hai telah mencatatkan tiga clean sheets di Piala AFF U-16 2022 dari lima pertandingan dan baru kebobolan tiga gol. Dua gol di antaranya ditorehkan oleh pemain Indonesia di fase grup, yakni Muhammad Nabil Asyura dan Arkhan Kaka Putra.

Kendati demikian, saat melawan Tim Merah-Putih pekan lalu dia berkali-kali melakukan penyelamatan gemilang yang sempat membuat tim tuan rumah frustrasi di babak pertama. Oleh karena itu, para pemain depan Indonesia tak boleh meremehkannya dan wajib memaksimalkan peluang emas yang mereka dapat.

Dinh Hai sempat mengalami cedera saat menghadapi Thailand di semifinal, bahkan hingga terpaksa berjalan dengan kursi roda. Akan tetapi, menurut laporan terbaru dari laman resmi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), dia sudah pulih dan siap tampil di partai final. 



Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT