Daftar pemilik klub sepakbola terkaya di dunia- Mohammed bin Salman (Foto: Istimewa)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Daftar pemilik klub sepakbola terkaya di dunia berikut memiliki kekayaan yang mencengangkan. Sudah bukan rahasia lagi jika sepak bola elit di era modern saat ini adalah ladang bisnis yang menggiurkan.

Oleh sebab itu, tidak heran jika para konglomerat dari berbagai belahan dunia terjun menginvestasikan kekayaannya ke klub sepakbola.

Dalam lima tahun terakhir, nama-nama seperti Sheikh Mansour telah muncul sebagai pemilik tim sepak bola terkaya dan masih di jajaran teratas. 

Ada juga taipan asal Austria, Dietrich Mateschitz, selaku pemilik tim Red Bull Leipzig yang masih menjadi jajaran pemilik klub terkaya di dunia.

Sayangnya, nama Roman Abramovich yang pernah menjadi pemilik Chelsea kini telah tergantikan oleh pemilik baru, yakni Todd Boehly, sejak 7 Mei 2022 lalu.

Lantas siapa saja yang kini masuk dalam daftar pemilik tim sepak bola terkaya di dunia per 2022? Berikut iNews.id rangkum daftar lengkapnya dari The Sun dan Football Transfer, Senin (27/6/2022).

1. PIF pemilik Newcastle United.

Pada Oktober 2021 lalu, Newcastle United resmi dibeli oleh Konsorsium Arab Saudi. Konsorsium itu melibatkan Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi, PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara. PIF yang dimiliki oleh Mohammed bin Salman mengambil alih saham klub sebesar 80 persen.

Mohamed bin Salman membeli saham mayoritas Newcastle United seharga 300 juta pounds atau sekitar Rp5,8 triliun.

Diketahui, Mohamed bin Salman memiliki kekayaan yang sangat fantastis. Melalui konsorsiumnya Public Investment Fund (PIF), total kekayaan Mohamed bin Salman mencapai 320 miliar pounds atau Rp6.190 triliun.

2. Sheikh Mansour pemilik Manchester City

Pengusaha asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour telah membeli Manchester City sejak tahun 2008. Ia memiliki total kekayaan 23,3 miliar pounds atau Rp450 triliun. 

Nominal itu juga yang mengantarkan Manchester City menjadi klub disegani karena kekayaannya. Namun di samping itu, semenjak dipegang Sheikh Mansour, Manchester City memenangkan lima trofi Liga Inggris.

3. Dietrich Mateschitz pemilik duo RB yakni RB Leipzig dan RB Salzburg

Dietrich Mateschitz merupakan pengusaha asal Austria yang juga pendiri perusahaan minuman berenergi, Red Bull. Setelah sukses di bidang tersebut, Dietrich Mateschitz merambah ke dunia sepakbola.

Pemilik duo RB yakni RB Leipzig dan RB Salzburg itu memiliki kekayaan 15,7 miliar pounds. Ia membentuk klub bernama SV Austria Salzburg pada 2005, sebelum akhirnya berubah nama menjadi Red Bull Salzburg. Kemudian pada 2009, Dietrich Mateschitz membentuk RB Leipzig yang kini tumbuh menjadi salah satu klub elite di Liga Jerman.

4. Andrea Agnelli pemilik Juventus

Andrea Agnelli merupakan keturunan dari pendiri perusahaan otomotif terbesar asal Italia, Fiat. Sejak 2010, Andrea Agnelli menjabat sebagai presiden klub papan atas Liga Italia, Juventus.

Kehadiran Andrea Agnelli membuat Juventus mendominasi Liga Italia, setelah sebelumnya terakhir menjadi kampiun Liga Italia 2002-2003. Berkat bantuan Agnelli yang memiliki kekayaan 11 miliar pounds, Juventus juara Liga Italia sembilan musim beruntun. Andrea Agnelli ditaksir memiliki kekayaan 15 miliar poundsterling atau sekitar Rp 291 triliun.

5. Todd Boehly pemilik baru Chelsea.

Todd Boehly mengeluarkan dana sebesar 2,5 Juta Poundsterling atau setara Rp44,7 triliun  untuk mengakuisisi Chelsea. Ia menjadi salah satu pemilik klub terkaya menggantikan Roman Abramovich.

Kekayaan yang dimiliki oleh Todd Boehly sukses menembus hingga USD4,5 miliar atau sebanding Rp64,3 triliun. Angka tersebut yang membuat namanya langsung masuk dalam kategori orang terkaya di dunia dengan urutan ke 637.


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT