Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi (Foto: Give Me Sport)

5 Pesepak Bola Berpenghasilan Tertinggi di 2020, Ronaldo Ungguli Messi

Reynaldi Hermawan

JAKARTA, iNews.id – Virus corona yang berkeliaran sepanjang 2020 mengguncang ekonomi seluruh kalangan di dunia termasuk olahragawan. Namun nyatanya, penghasilan pesepak bola top dunia masih tetap menggiurkan.

Menurut laporan Give Me Sport, hampir 500 juta poundsterling atau sekitar Rp8,9 triliun yang dihasilkan para pemain kelas atas di muka bumi sepanjang 2020 meskipun corona melanda.

Kini Forbes sudah merangkum, ada lima pemain bola dengan pendapatan paling tinggi di tahun ini. Tentu pundi-pundi uang didapatkan tak hanya dari gaji klub semata, melainkan sponsor.

Siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya:

5Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)

Mbappe yang saat ini baru berusia 21 tahun menjadi pemain termuda dalam lima pesepak bola berpendapatan tertinggi tahun ini. Gaji yang didapat dari PSG hampir 20 juta poundsterling (Rp357 miliar) per musim.

Selain itu, Mbappe juga mendapat kucuran duit senilai hampir 10 juta poundsterling (Rp178 miliar) dari sponsor termasuk Nike dan Hublot. Dia ditengarai mendapatkan 21,1 juta poundsterling (Rp377 miliar) tahun ini.

4. Mohamed Salah (Liverpool)

Pesepak bola berkebangsaan Mesir itu jadi pemain Premier League yang memiliki penghasilan paling tinggi sepanjang 2020. Salah mendapat bayaran sebesar 28,2 juta poundsterling (Rp503 miliar).

Pundi-pundi uang diraup dari Liverpool dan sponsor. Penghasilan Salah dari sponsor diprediksi bakal meningkat signifikan jika berhasil membawa The Reds juara Liga Inggris musim ini.

3. Neymar Jr (Paris Saint-Germain)

Neymar mendapat gaji menggiurkan dari PSG sejak didatangkan dari Barcelona pada 2017 dengan status pemain termahal dunia. Bintang asal Brasil itu diketahui mendapatkan 32,7 juta poundsterling (Rp583 miliar) per musim.

Ditambah lagi dia memiliki megakontrak bersama Nike. Di tengah pandemi corona seperti saat ini, ada sekitar 76,6 juta poundsterling (Rp1,3 triliun) yang masuk ke kantong pribadi Neymar.

2. Lionel Messi (Barcelona)

Peraih Ballon d’Or enam kali itu mendapatkan bayaran sebesar 7,3 juta poundsterling (Rp129 miliar) per bulan dari Barcelona. Dia juga dibanjiri tawaran iklan dan endorsemen di media sosial.

Jangan lupa, Messi juga brand ambasador apparel ternama Jerman yaitu Adidas. Sepanjang tahun 2020 ini, Kapten Timnas Argentina itu mendapatkan 83,4 juta poundsterling (Rp1,4 triliun).

1. Cristiano Ronaldo (Juventus)

Rival abadi Messi itu jadi pemain berpenghasilan tertinggi di 2020. Ronaldo mendapat gaji 26,5 juta poundsterling (Rp471 miliar) per musim dari Juventus. Dia jadi pemain dengan upah tertinggi di Negeri Pizza.

Sementara itu CR7 juga memiliki beberapa usaha seperti pakaian dalam dan salon penumbuh rambut. Ronaldo juga salah satu brand ambasador Nike. Tahun ini dia mengantongi 85,8 juta poundsterling (Rp1,5 triliun).


Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT