Ada 8 pemain Asia yang dijuluki Lionel Messi. Salah satunya berkesempatan langsung menghadapi La Pulga di atas lapangan. (foto: 90min.com)
Reynaldi Hermawan

SINGAPURA, iNews.id - Ada 8 pemain Asia yang dijuluki Lionel Messi. Salah satunya berkesempatan langsung menghadapi La Pulga di atas lapangan.

Lionel Messi adalah salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa. Buktinya ada tujuh Ballon dOr sudah berada dalam genggaman bintang Paris Saint-Germain itu.

Acap kali karakteristik Sang Alien dinilai sebagai tolok ukur pemain hebat di sejumlah negara. Seorang pemain akan dijuluki titisan Messi karena memiliki bakat lebih dibandingkan rekan setim lainnya.

Di Asia setidaknya ada 8 pemain yang mendapat julukan Messi. Siapa saja mereka?

Berikut 8 pemain Asia yang dijuluki Lionel Messi:

1. Adam Swandi - Singapura

Foto: The Strait Times

Gelandang Timnas Singapura ini adalah jebolan FC Metz U-19. Sayangnya, dia kemudian memilih kembali ke negara asalnya, Singapura, pada 2014 bersama Young Lions dan kini memperkuat Lion City Sailors.

Kemampuannya kerap kali disetarakan dengan Lionel Messi. Meski tidak persis dengan sang megabintang, tetapi Swandi memang gesit dan lincah di atas lapangan hijau. 

2. Takefusa Kubo - Jepang

Kubo dijuluki sebagai Messi dari Jepang. Pemuda berusia 21 tahun itu juga sempat menimba ilmu di La Masia.

Sayangnya, dia tak bisa mengikuti jejak Messi untuk bermain di tim senior Blaugrana. Kondisi tersebut terjadi setelah Klub Katalan itu terbukti melanggar peraturan perekrutan Kubo pada 2011.

3. Paulo Gali - Timor Leste

Striker Timor Leste, Paulo Gali. (Foto: Affsuzukicup.com)

Timor Leste boleh jadi paling jarang disorot oleh pencinta sepak bola. Bekas wilayah provinsi Indonesia itu perlahan-lahan mulai menunjukkan kebolehan di berbagai ajang.

Akan tetapi, ada satu sosok pemain yang dianggap punya potensi luar biasa di masa depan. Namanya adalah Paulo Gali. Posisinya sebagai sayap serang membuat Gali sering dipanggil Messi.

4. Lee Seung-woo - Korea Selatan

Lee Seung-woo juga merupakan alumni La Masia, sama seperti Kubo. Dia direkrut Barcelona pada 2011 dan langsung mendapat julukan sebagai Messi Korea Selatan.

Sayangnya dia gagal memenuhi ekspektasi. Lee cuma sekali bermain bersama Barcelona B dan hengkang ke Hellas Verona pada 2017. Kini dirinya memperkuat Klub Korsel Suwon FC.

5. Nguyen Cong Phuong - Vietnam

Penyerang tengah Timnas Vietnam ini telah menjadi sorotan karena kerap kali dijuluki Messi dari Vietnam. Apalagi, Phuong pernah merumput di Eropa.

Terpanya bersama Klub Belgia FC Sint Truiden. Cong Phuong pernah membawa Vietnam juara Piala AFF 2008.

6. Omar Abdulrahman

Foto: BBC

Omar Abdulrahman mendapat julukan The Arabian Messi. Sebab, gaya main gelandang 30 tahun itu dinilai mirip La Pulga.

Omar adalah pemain berkebangsaan Uni Emirat Arab (UEA). Dia pernah menyabet pemain terbaik Asia pada 2016 dan pemain terbaik Liga Champions Asia di tahun yang sama.

7. Chanathip Songkrasin

Julukan Messi dari Thailand melekat pada Chanathip. Pemain berusia 28 tahun itu berkiprah di Liga Jepang bersama Kawasaki Frontale. Perawakannya yang mungil serta lincah mengolah bola, membuat Chanathip dianggap mirip Messi. 

Kegesitan Chanathip tidak kalah merepotkan dibandingkan Messi. Karena itu, dia kerap dipanggil dengan julukan 'Messi Jay'. 

Chanathip pernah jumpa Messi secara langsung saat Kawasaki Frontale jumpa PSG di laga pramusim, 20 Juli lalu. Dia mengaku mati kutu dihadapan La Pulga.

"Beberapa kali dalam pertandingan, saya berusaha mencuri bola dari dia (Messi) tapi tak bisa. Saya jadi teringat bahwa inilah perbedaan antara kami dengan level kelas dunia," katanya dilansir ESPN Asia.

8. Egy Maulana Vikri - Indonesia

Indonesia jelas tak mau kalah. Skuad Garuda juga punya 'Messi' bernama Egy Maulana Vikri. Pemain yang tengah merumput bersama FC ViOn Zlate Moravce itu dijuluki sebagai Messi dari Indonesia saat diperkenalkan ke publik. 

Postur Egy sangat mirip dengan Messi. Apalagi, keduanya sama-sama mengandalkan kaki kiri. Liukan Egy di atas lapangan juga tak jarang sangat mirip dengan Messi. 

Kemiripan lainnya, Egy identik dengan nomor punggung 10 di Timnas Indonesia. Messi sendiri lekat dengan nomor punggung 10, baik di Timnas Argentina maupun klubnya dahulu, Barcelona. 



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT