Gelandang legendaris Italia Andrea Pirlo sebut satu gelandang paling lincah di muka bumi. Menurutnya sosok tersebut punya kecepatan elektron. (Foto: 90min)
Reynaldi Hermawan

MILAN, iNews.id - Gelandang legendaris Italia Andrea Pirlo sebut satu gelandang paling lincah di muka bumi. Menurutnya sosok tersebut punya kecepatan elektron.

Pemain yang dimaksud Pirlo berasal dari Benua Asia. Dia adalah mantan gelandang Manchester United, Park Ji-sung.

Semua berawal ketika Pirlo masih memperkuat AC Milan dan bertemu The Red Devils yang diperkuat Park Ji-sung di babak 16 Besar Liga Champions 2009/2010.

Kala itu Pelatih Man United Sir Alex Ferguson memerintahkan Park Ji-sung untuk menjaga ketat Pirlo yang merupakan otak permainan I Rossoneri. Taktik tersebut berhasil.

Pirlo mati kutu dijaga Park Ji-sung. Akibatnya AC Milan kalah dalam dua leg yang digelar dan gagal melangkah ke babak berikutnya.

“Dia (Ferguson) melepaskan Park Ji-sung untuk membayangi saya. Dia bergerak dengan kecepatan elektron. Dia melemparkan dirinya ke arah saya. Tangannya menutupi punggung saya, mencoba mengintimidasi saya. Dia akan melihat bola dan tidak tahu untuk apa," kata Pirlo dikutip dari Sport 360, Senin (25/10/2021).

“Mereka memprogramnya untuk menghentikan saya. Dedikasinya untuk tugas tersebut sangat luar biasa. Meskipun dia adalah pemain terkenal, dia mau untuk digunakan sebagai anjing penjaga," ujarnya.

Park Ji-sung memang salah satu gelandang andalan Ferguson. Dia memperkuat Man United dari 2005 sampai 2012.

Kontribusi Park Ji-sung berhasil membantu The Red Devils meraih empat titel Liga Inggris dan satu trofi Liga Champions 2008. Dia dikenal dengan gaya bermain yang khas dan punya stamina di atas rata-rata hingga dijuluki 'Three-lung Park' alias Park yang memiliki tiga paru-paru.

Awalnya dia sempat diragukan bisa bersaing di Liga Inggris bersama Man United. Tapi keragukan tersebut dia jawab dengan penampilan apik di atas lapangan.

"Saya amat bahagia bisa membuktikan jika pemain Asia bisa mengatasi level tinggi sepak bola Eropa," ucap Park Ji-sung pada 2012.

"Sebelum saya datang ke sini, saya percaya saya bisa melakukannya namun tak terlalu yakin. Tetapi manajer (Sir Alex Ferguson) percaya pada saya. Dia mendorong saya untuk mengatasi level tertentu ini," ucapnya.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT