Timnas Australia lolos ke Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Socceross itu menang adu penalti 5-4 atas Peru pada laga Playoff Kualifikasi Antarbenua (Foto: REUTERS/Mohammed Dabbous)
Quadiliba Al-Farabi

AL RAYYAN, iNews.id - Timnas Australia lolos ke Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Socceross itu menang adu penalti 5-4 atas Peru pada laga Playoff Kualifikasi Antarbenua, Selasa (14/6/2022) dini hari WIB.

Bermain di Al Rayyan Stadium, Australia banyak tertekan di awal pertandingan. Serangan Peru dimotori Advincula di lapangan tengah.

Namun Australia bisa memberi perlawanan di 10 menit pertengahan babak. Terutama dari sisi sayap yang dipimpin oleh M. Boyle. Dia kerap memberi umpan berbahaya ke kotak penalti.

Setelahnya penguasaan bola masih lebih banyak dimiliki Peru. Serangan-serangannya sudah sampai ke kotak penalti lawan namun mereka kesulitan dalam melakukan penyelesaian akhir.

Serangan Australia tak kalah berbahaya. Meski lebih banyak dari serangan balik, tapi mereka mampu membuat pertahanan Peru kocar-kacir. Namun tak ada gol yang tercipta hingga jeda.

Di awal babak kedua, kondisi berbalik. Australia kini yang memiliki dominasi penyerangan. Sementara Peru beberapa kali melakukan serangan balik.

Beberapa kali para penyerang Australia merepotkan kotak penalti lawan. Tak jarang mereka harus dijatuhkan walaupun tidak berbuah tendangan penalti.

Penguasaan bola dimiliki Peru sedikit dengan 52 persen. Tapi dari segi kesempatan, Australia mendominasi dengan 10 kali yang dua di antaranya mengarah langsung ke gawang.

Kedua tim saling jual beli serangan hingga akhir. Namun tak ada satupun gol tercipta sehingga 2x45 menit.

Memasuki 2x15 menit babak tambahan waktu, kedua tim masih saling jual beli serangan. Pertahanan mereka juga masih sama-sama kuat.

Peru meningkatkan serangannya dan peluangnya kini cenderung pragmatis. Mereka menambah lima kali kesempatan namun tidak ada yang mengarah langsung ke gawang.

Sampai waktu menunjukkan 120 menit belum juga ada gol yang tercipta. Kedua tim melanjutkan laga melalui drama adu penalti yang akhirnya dimenangkan Australia.

Adu Penalti:

Australia:

Martin Boyle (Tidak Gol)

Mooy (Gol)

Goodwin (Gol)

Hrustic (Gol)

Maclaren (Gol)

Mabil (Gol)

Peru:

Lapadula (Gol)

Alexander Callens (Gol)

Advincula (Tidak Gol)

Renato Tapia (Gol)

Flores (Gol)

Valera (Tidak Gol)

SUSUNAN PEMAIN

AUSTRALIA XI: M. Ryan; N. Atkinson, B. Wright, K. Rowles, A. Behich, A. Mooy, M. Boyle, A. Hrustic, J. Irvine, M. Leckie, M. Duke

Pelatih: Graham Arnold

PERU XI: P. Gallese; M. Trauco, A. Callens, C. Zambrano, L. Advincula; R. Tapia, C. Cueva, C. Gonzalez, S. Pena, A. Carrillo, G. Lapadula

Pelatih: R. Gareca



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT