Bek kiri andalan Indonesia dan Thailand sama-sama tak bisa main di final leg 1 Piala AFF 2020. Mereka adalah Pratama Arhan dan Theerathon Bunmathan.(Foto: PSSI)
Ilham Sigit

KALLANG, iNews.id - Bek kiri andalan Indonesia dan Thailand sama-sama tak bisa main di final leg 1 Piala AFF 2020. Mereka adalah Pratama Arhan dan Theerathon Bunmathan.

Indonesia vs Thailand pada leg pertama final di National Stadium, Rabu (29/12/2021). Sayangnya kedua tim bakal tampil pincang tanpa kehadiran bek kiri yang terkena akumulasi kartu kuning.

Pratama Arhan selalu diganjar kartu kuning pada dua leg semifinal melawan Singapura. Kehilangan Pratama Arhan tentu menjadi kerugian besar untuk Indonesia. Sebab pemain satu ini rajin membantu serangan dan tangguh dalam bertahan.

Kini Shin Tae-yong harus putar otak untuk mengisi kekosongan full-back kiri yang ditinggal Pratama Arhan. Edo Febriansah yang juga seorang bek kiri bisa jadi solusi.

Selain itu, Alfeandra Dewangga yang bisa bermain di berbagai posisi pertahanan juga bisa ditempatkan sebagai bek kiri. Baik Dewangga maupun Edo memiliki atribut menyerang dan bertahan sama baiknya.

Di sisi lain Thailand juga tak bisa diperkuat bek kiri andalan mereka Theerathon Bunmathan di leg pertama nanti. Mantan defender Yokohama Marinos itu juga terkena sanksi akumulasi kartu kuning.

Dia selalu menerima kartu kuning pada dua leg semifinal melawan Vietnam. Kehilangan Theerathon Bunmathan jadi kabar buruk bagi The War Elephants.

Sebab dia selalu diandalkan pelatih Thailand Alexandre Polking pada ajang Piala AFF 2020 kali ini. Total Theerathon Bunmathan sudah bermain pada empat pertandingan dari fase grup hingga semifinal.

Thailand tak diperkuat Theerathon Bunmathan di final Piala AFF 2020 leg 1 melawan Indonesia, Rabu (29/12/2021) malam WIB. (News Beezer)

Hebatnya lagi defender berusia 31 tahun itu selalu bermain full 90 menit. Kontribusi darinya yang membuat Thailand menciptakan tiga clean sheet. 

Theerathon Bunmathan bukan satu-satunya pemain Thailand yang akan absen di laga final Piala AFF 2020 kontra Indonesia. Sebab rekannya kiper Chatchai Budprom juga tampaknya bakal diparkir karena cedera lutut saat melawan Vietnam.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT