Bintang Amerika Serikat Christian Pulisic berhadapan dengan kiper Kosta Rika Keylor Navas di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONCACAF (Foto: REUTERS/Mayela Lopez)
Wikanto Arungbudoyo

SAN JOSE, iNews.id - Daftar tim lolos ke Piala Dunia 2022 bertambah jadi 29 negara. Amerika Serikat dan Meksiko jadi anggota terbaru.

Keduanya lolos pada Kamis (31/3/2022) pagi WIB. Timnas AS yang diperkuat bintang Chelsea Christian Pulisic lolos secara dramatis meski takluk 0-2 dari Timnas Kosta Rika pada pertandingan terakhir.

Sementara Timnas Meksiko lolos setelah menang 2-0 atas Timnas El Salvador pada matchday terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Utara (CONCACAF). Tricolore finis sebagai runner-up di belakang Timnas Kanada dengan 28 poin.

Amerika Serikat di tangga ketiga dengan 25 poin, sama dengan Kosta Rika di posisi keempat. Namun Pulisic dan kolega unggul selisih g

Karena itu, Timnas Kosta Rika harus melanjutkan perjuangannya lewat babak Play-Off Antarbenua. Mereka akan menghadapi Timnas Selandia Baru yang melaju sebagai juara zona Oseania. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan pada Juni mendatang. 

Dengan demikian, 29 dari 32 tim peserta sudah diketahui. Hanya tinggal tiga negara lagi yang belum menggenggam tiket ke Qatar. Selain dua lewat jalur Play-Off Antarbenua (CONCACAF vs Oseania dan AFC vs CONMEBOL), zona Eropa juga masih menyisakan satu wakilnya. 

Hal itu terjadi setelah laga semifinal Play-Off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa antara Timnas Ukraina melawan Timnas Skotlandia ditunda. Duel tersebut dijadwalkan berlangsung pada Juni mendatang. Pemenang sudah dinanti oleh Timnas Wales. 

Pengundian fase grup sendiri dijadwalkan berlangsung Jumat 1 April 2022. Patut dinanti apakah ada grup neraka yang tercipta dari pengundian tersebut. 

Tuan Rumah: Qatar
Asia: Jepang, Arab Saudi, Iran, dan Korea Selatan
Eropa: Portugal, Polandia, Inggris, Belanda, Swiss, Spanyol, Prancis, Jerman, Denmark, Serbia, Kroasia, Belgia
Amerika Selatan: Brasil, Argentina, Uruguay, Ekuador
Afrika: Ghana, Maroko, Tunisia, Kamerun, Senegal
Amerika Utara: Kanada, Amerika Serikat, Meksiko

Tersisa tiga tempat yang akan diperebutkan oleh:

Ukraina/Skotlandia vs. Wales

Australia/UEA vs. Peru

Kosta Rika vs. Selandia Baru



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT