Arsenal menang 2-0 atas Crystal Palace di laga pembuka Liga Inggris 2022/2023. Kemenangan ini menjadi modal berharga pasukan Mikel Arteta. (foto: Reuters/Paul Childs ).
Andhika Khoirul Huda

LONDON, iNews.id- Arsenal menang 2-0 atas Crystal Palace di laga pembuka Liga Inggris 2022/2023. Kemenangan ini menjadi modal berharga pasukan Mikel Arteta.

Laga berlangsung di Selhurst Park, Sabtu (6/8/2022) dini hari WIB. The Gunners sejati bermain dalam tekanan tim tuan rumah.

Namun Arsenal unggul satu gol pada babak pertama lewat Gabriel Martinelli (20’). Pada babak kedua, pasukan Arteta menambah keunggulan lewat gol bunuh diri Marc Guehi (86’).

Jalannya Pertandingan

Pertandingan baru berjalan empat menit, Arsenal sudah nyaris unggul lewat Gabriel Martinelli. Akan tetapi, tendangannya dari jarak dekat usai terjadi kemelut di kotak penalti Crystal Palace masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Empat menit berselang, Martin Odegaard mengirim umpan pada Oleksandr Zinchenko. Bek kiri anyar The Gunners itu kemudian melesatkan tendangan keras tetapi bisa ditepis oleh Vicente Guaita.

Terus menyerang, akhirnya Pasukan Meriam London berhasil memecah kebuntuan pada menit 20. Martinelli sukses membobol gawang Higuita dengan sontekannya yang menyambut umpan sundulan Zinchenko.

Di sisi lain, The Eagles –julukan Palace- berusaha untuk menyamakan kedudukan lewat serangan balik yang mereka lancarkan. Namun, kokohnya pertahanan Arsenal membuat mereka kesulitan untuk menciptakan peluang.

Pada menit 34, Gabriel Jesus hampir menorehkan gol perdananya untuk The Gunners. Akan tetapi, sepakan placing-nya yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang bisa diselamatkan oleh Guaita.

Empat menit kemudian, Bukayo Saka mengirim umpan silang berbahaya ke kotak penalti. Jesus yang berdiri bebas berusaha mensonteknya tetapi Nathaniel Clyne bisa menyapu bola dengan tekelnya.

Pada menit 42, Palace akhirnya mendapat peluang emas dan nyaris menyamakan kedudukan. Namun sayang, sontekan Odsonne Edouard dari jarak dekat bisa ditepis oleh Aaron Ramsdale.

Setelah itu, intensitas permainan meningkat di akhir babak pertama. Akan tetapi, hingga turun minum tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Arsenal unggul 1-0 atas Palace di 45 menit pertama.

Keasyikan menyerang, The Eagles kecolongan oleh gol bunuh diri Marc Guehi pada menit 86. Bek asal Inggris itu membobol gawang timnya sendiri setelah berusaha mengantisipasi crossing Saka dari sisi kanan pertahanannya. Arsenal unggul 2-0.

Pada menit-menit akhir babak kedua, The Gunners kembali memegang kendali permainan dan mengurung pertahanan tim tuan rumah. Namun, hingga laga usai, tidak ada gol lagi yang tercipta. Pasukan Meriam London berhasil membawa pulang tiga poin dengan kemenangan 2-0 atas Palace.

Tertinggal satu gol, Palace tampil menekan pada awal babak kedua. Mereka melakukan pressing ketat yang cukup merepotkan Arsenal.

Tujuh menit paruh kedua berjalan, The Eagles pun nyaris menyamakan kedudukan lewat Eberechi Eze berkat skema serangan balik yang apik. Namun, tendangan kaki kirinya dari jarak dekat mengarah tepat ke pelukan Ramsdale.

Pada menit 62, tim tuan rumah kembali mendapat peluang emas. Tendangan sudut Palace yang disundul Joachim Andersen berusaha diselamatkan oleh Gabriel Magalhaes tetapi bola malah mengarah ke gawangnya sendiri. Beruntung bagi Arsenal, Ramsdale dengan sigap menghalau bola tersebut.

Delapan menit berselang, akhirnya Arsenal mampu menorehkan peluang pertama mereka di babak kedua. Sayangnya tendangan keras Bukayo Saka dari sudut sempit masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Setelah itu, pertandingan berjalan cukup alot. Palace yang mendominasi penguasaan bola masih belum menemukan celah untuk membongkar pertahanan The Gunners.

Sembilan menit jelang laga usai, Jordan Ayew melakukan tusukan ke pertahanan pasukan London Utara. Namun, lagi-lagi tendangannya belum akurat dan hanya menyamping di sisi kiri gawang.

Berikut adalah susunan pemain Crystal Palace vs Arsenal:

CRYSTAL PALACE (4-2-3-1): Vicente Guaita; Nathaniel Clyne, Joachim Andersen, Marc Guehi, Tyrick Mitchell; Jeffrey Schlupp, Cheick Doucoure; Jordan Ayew, Eberechi Eze, Wilfried Zaha; Odsonne Edouard.

Cadangan: Jairo Riedewald, Sam Johnstone, Joel Ward, Jean-Philippe Mateta, Will Hughes, Luke Plange, Luka Milivojevic, Malcolm Ebiowei, Chris Richards.

ARSENAL (3-4-1-2): Aaron Ramsdale; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes; Bukayo Saka, Thomas Partey, Granit Xhaka, Oleksandr Zinchenko; Martin Odegaard; Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli.

Cadangan: Matt Turner, Cedric Soares, Albert Sambi Lokonga, Mohamed Elneny, Rob Holding, Kieran Tierney, Nicolas Pepe, Reiss Nelson, Eddie Nketiah.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT