Striker Timnas Argentina, Lionel Messi menyumbangkan dua gol saat Argentina menekuk Jamaika 3-0 pada laga FIFA Matchday di Stadion Red Bull Arena, New Jersey, Rabu (28/9/2022). (Foto: Instagram/@afaseleccion)
maulana yusuf

NEW JERSEY, iNews.id –  Tim Nasional (Timnas) Argantina berhasil mengalahkan Jamaika dengan skor 3-0 dalam laga persahabatan atau uji coba internasional 2022. Pertandingan tersebut berlangsung di Red Bull Arena, Amerika Serikat, pada Rabu (28/9/2022) pukul 07.00 WIB.

Bintang Argentina, Lionel Messi masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua. Meski turun dari bangku cadangan Messi sukses mencetak brace alias dua gol (86’, 89’) untuk kemenangan Albiceleste. 

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Sejak awal babak pertama dimulai, Argentina bermain dengan hati-hati. Tim besutan Lionel Scaloni itu cenderung memainkan bola di lini pertahanannya sendiri untuk memancing lawan mereka keluar. Tim berjuluk Albiceleste itu terus menguasai bola.

Tepat di menit 8, Angel Di Maria memanfaatkan peluang di lini tengah, berlari ke kotak penalti dengan penguasaan bola sebelum memberikan umpan ke depan untuk Montiel. Namun, sepakannya kurang sempurna dan tidak memberikan kesempatan kepada full-back sebelum umpan cupback untuk mendapatkan tendangan sudut.

Kali ini, Argentina sukses membuka keran golnya di menit ke-13. Berawal dari aksi Tagliafico untuk memberi umpan Lautaro Martinez tanpa penjagaan di tepi area penalti. Kemudian, striker Inter Milan itu segera berbalik untuk masuk ke dalam kotak.

Lautaro mengeluarkan aksi dan keterampilan yang bagus untuk melewati bek sayap Jamaika,  Damion Lowe dalam prosesnya. Kemudian, Lautaro memberi assist kepada Julian Alvarez yang menjadi pencetak gol. Skor pun menjadi 1-0, Argentina unggul.

Setelah kebobolan, Jamika meresponnya dengan melakukan serangan. Sejumlah peluangpun mereka dapatkan. Di sisi lain, Argentina juga terus gencar memberikan ancaman ke gawang Jamaika. Namun, sejumlah peluang yang kedua tim dapatkan gagal dikonversikan menjadi gol. Keunggulan Argentina 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Argentina memsukkkan pemain bintangnya, Lionel Messi di menit ke-56 menggantikan Lautaro Martinez. Argentina pun lebih percaya diri lagi setelah mendapat tambahan amunisi.

Namun, baik Argentina maupun Jamaika tampil tidak terlalu ngotot di babak kedua ini. Kedua tim masih sama-sama tidak terburu-buru dalam melancarkan serangan. Sialnya, hingga menit ke-70 belum ada lagi gol yang tercipta meski peluang sudah ada di depan mata.

Sejumlah pemain di antara kedua tim pun terus dilakukan pergantian. Hal itu dilakukan untuk penyegaran dan agar bisa menambah daya gedor masing-masing tim. Akan tetapi, nampaknya pergantian pemain tersebut tidak terlalu ngefek signifikan.

Pasalnya, baik Argentina maupun Jamaika masih sulit untuk mencetak gol di akhir babak kedua ini. Meskipun, Argentina lebih banyak mempunyai kesempatan untuk mencetak gol setelah Messi masuk.

Kali ini, Lionel Messi sukses menggandakan keunggulan Argentina di menit ke-86 menjadi 2-0. Bahkan, tak lama setelah itu, Messi sukses mencetak brace di menit ke-89. Kedudukan pun menjadi 3-0 untuk kemenangan Argentina yang bertahan hingga laga berakhir.

Susunan Pemain

ARGENTINA XI (4-3-3): Emiliano Martinez; Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Gonzalo Montiel; Giovani Lo Celso, Guido Rodriguez, Alexis Mac Allister; Julian Alvarez, Lautaro Martinez, Angel Di Maria.

Cadangan: Facundo Medina, Leandro Paredes, Enzo Fernandez, Lionel Messi, Angel Correa, Franco Armani, Joaquin Correa, Lisandro Martinez, Nehuen Perez, Thiago Almada, German Pezzella, Geronimo Rulli, Nahuel Molina, Rodrigo De Paul.

Pelatih: Lionel Scaloni

JAMAIKA XI (4-4-2): Andre Blake; Adrian Mariappa, Damion Lowe, Javain Brown, Amari’i Bell; Bobby De Cordova-Reid, Daniel Johnson, Ravel Morrison, Leon Bailey; Michail Antonio, Shamar Nicholson.

Cadangan: Curtis Tilt, Andre Gray, Jahmali White, Kevon Lambert, Ricardo Thomas, Jamal Lowe, Jahmoi Topey, Kemar Foster, Kaheem Parris, Maliek Howell, Dillon Barnes.

Pelatih: Heimir Hallgrímsson


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT