Pemain Persis Solo, Ryo Matsumura (dua dari kanan) merayakan gol ke gawang Bali United bersama rekan setimnya pada laga Liga 1 2022/2023 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (15/9/2022). (Foto: Instagram/@persisofficial)
maulana yusuf

SOLO, iNews.id Persis Solo berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 2-0 dalam laga pekan ke-10 Liga 1 2022/2023 . Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (15/9/2022) pukul 20.30 WIB.

Laskar Sambernyawa –julukan Persis Solo- sukses mengunci kemenangan lewat dwigol Ryo Matsumura (30’, 60’). Sementara itu, Serdadu Tridatu –julukan Bali United- harus bermain dengan 10 pemain usai Andhika Wijaya diganjar kartu merah di menit ke-38.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Persis Solo yang bertindak sebagai tim tuan rumah langsung berinisiatif melancarkan serangan sejak babak pertama dimulai. Tepat di menit ke-8, aksi gocekan ciamik Samsul Arif mampu membuat dua bek Bali United kerepotan di dalam kotak penalti.

Sayangnya, Samsul Arif justru harus dijegal oleh pemain bertahan Serdadu Tridatu dan mendapat hadiah penalti untuk Persis Solo. Namun, Alexis Messidoro yang menjadi eksekutor gagal mengarahkan bola dengan sempurna. Nadeo Argawinata pun mampu memeluk bola dengan lengket.

Bali United bukan tanpa perlawanan. Tim besutan Stefano Cugurra itu juga sesekali melakukan serangan balik. Namun, upaya mereka masih bisa dipatahkan oleh para pemain Laskar Sambernyawa.

Kali ini, Persis Solo kembali mendapatkan peluang di  menit ke-15, Ryo Matsumura melakukan sepakan keras usai berbalik badan dengan kaki kanannya. Namun, bola masih melambung di atas mistar yang dikawal Nadeo.

Tak mau kalah, Bali United juga membalasnya dengan sejumlah peluang yang didapat oleh Eber Bessa dan Ricky Fajrin meski belum bisa dikonversikan menjadi gol. Sementara itu, Samsul Arif kembali membuka peluang untuk Persis di menit ke-19. Ia melepaskan tempabakan keras di depan kotak penalti. Namun, bola tipis menyamping di kanan gawang Nadeo.

Berkat usaha kerasnya, Persis Solo kali ini berhasil membuka keran golnya di menit ke-30. Adalah Ryo Matsumura berhasil mencetak gol melalui sundulan usai menerima assist manis dari Gavin Kwan. Papan skor berubah menjadi 1-0 untuk Persis Solo.

Setelah itu, Bali United terus digempur oleh Persis Solo. Bahkan, tepat di menit ke-37, Bali United harus bermain dengan 10 pemain usai Andhika Wijaya mendapatkan kartu kuning kedua dan harus mandi lebih cepat. Adapun, tak ada gol lagi yang tercipta meski sejumlah peluang didapatkan kedua tim. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Sejak babak kedua dimulai, baik Bali United maupun Persis Solo sama-sama memperagakan permainan yang ofensif. Kedua tim silih berganti memberikan tekanan. Namun, meski sejumlah peluang mulai didapatkan, keduanya sama-sama gagal merobek jala gawang lawan hingga menit ke-50.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Bali United kali ini justru harus kembali memungut bola dari gawangnya sendiri. Ya, Persis Solo sukses menjebol gawang Serdadu Tridatu di menit ke-60 melalui brace dari Ryo Matsumura. Ia mencetak gol keduanya melalui tendangan kaki kanan di dalam kotak penalti. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk Persis Solo.

Setelah itu, Bali United berusaha untuk memperkecil ketertinggalannya. Ilija Spasojević dkk beberapa kali mengancam gawang Laskar Sambernyawa. Sialnya, dewi fortuna belum memihak kepada tim tamu.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, Persis Solo sempat bisa merobek jala gawang Bali United ketiga kalinya. Akan tetapi, gol Laskar Sambernyawa harus dianuir lantaran terkena handball. Alhasil, kedudukan tetap 2-0 yang bertahan hingga laga berakhir.

Susunan Pemain

PERSIS SOLO XI (4-3-3): Muhammad Riyandi (GK), Andri Ibo, Fabiano Beltrame, Alfath Fathier, Muhammad Lestaluhu, Gavin Kwan Adsit, Ryo Matsumura, Mochamad Shulton Fajar, Alexis Messidoro, Samsul Arif Munip, Irfan Jauhari

Pelatih: Rasiman

BALI UNITED XI (4-3-3): Nadeo Argawinata (GK), Leonard Tupamahu, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin Saputra, Andhika Wijaya, Brwa Nouri, Fadil Sausu, Novri Setiawan, Éber Bessa, Privat Mbarga, Ilija Spasojević.

Pelatih: Stefano Cugurra



Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT