Striker Manchester City, Erling Haaland merayakan gol ke gawang Newcastle United pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Stadion St James Park, Minggu (21/8/2022). (Foto: REUTERS)
Quadiliba Al-Farabi

NEWCASTLE, iNews.id - Newcastle United bermain imbang dengan skor 3-3 melawan Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023. Duel tersebut berlangasung di Saint James Park pada Minggu (21/8/2022).

Newcastle sempat unggul 3-1 pada laga ini. Namun, mereka mesti gigit jari karena Man City mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3 lewat gol Erling Haaland dan Bernardo Silva.

Sejak menit pertama Manchester City memberikan tekanan yang tinggi ke jantung pertahanan Newcastle United. Terbukti Erling Haaland membuat peluang pertama usai mendapat umpan Gundogan. Namun sayang bola tendangannya masih melebar.

Tak lama kemudian pada menit ke-5 Manchester City berhasil menciptakan gol pertama. Melalui umpan silang Bernardo Silva berhasil disambut dengan tendangan keras dari Ilkay Gundogan. Skor menjadi 1-0 untuk Manchester City.

Ketinggalan satu gol membuat Newcastle mencoba bangkit. Beberapa kali serangan mereka bisa membuat pertahanan The Citizens kelimpungan.

Namun dari segi peluang, Manchester City lebih unggul dan efektif. Serangan yang dibangun dari lapangan tengah bisa selalu menemukan Haaland di sektor depan. Beruntung kiper mereka masih sigap di bawah mistar.

Peluang terbaik Newcastle terjadi pada menit ke-17 di mana Saint Maximin berhasil disambut oleh Miguel Almiron. Namun sayang tendangannya masih tipis di atas mistar.

Striker Newcastle United, Callum Wilson merayakan gol ke gawang Manchester City pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Stadion St James Park, Minggu (21/8/2022). (Foto: REUTERS)

Terus menekan akhirnya Newcastle berhasil mencetak gol penyama kedudukan. Kali ini umpanan dari Saint-Maximin tepat berada di kaki Almiron kemudian disodorkan langsung ke gawang. Sempat diragukan, tapi gol itu disahkan setelah wasit melihat VAR. skor jadi 1-1.

Tak berselang lama, Newcastle semakin menggebu-gebu. Hasilnya mereka justru bisa membalikkan keadaan pada menit ke-39. Saint Maximin kembali memberi assist kepada C. Wilson. Skor menjadi 2-1 untuk Newcastle.

Seperti babak pertama, Manchester City berinisiatif menekan lebih dulu. Peluang pertama datang dari Haaland yang tendangannya masih bisa ditepis Nick Pope menyentuh tiang gawang.

Alih-alih menyamakan kedudukan, tim asuhan Pep Guardiola malah kembali kebobolan untuk ketiga kalinya. Kini melalui tendangan bebas yang dilakukan oleh Kieran Trippier pada menit ke-54. Skor menjadi 3-1 untuk keunggulan Newcastle United.

Man City semakin terpecut dari gol tersebut. Tak lama kemudian giliran mereka mencetak gol dari skema bola mati juga. Berawal dari sepak pojok pendek menuju Kevin de Bruyne, kemudian diteruskan crossing ke tiang jauh. Langsung disambut Haaland dengan tendangan voli. Skor jadi 2-3.

Manchester City menunjukkan mental juaranya dalam dua menit berikutnya. De Bruyne berhasil merebut bola yang sedang dimainkan di jantung pertahanan Newcastle. Kemudian dia mengoper pendek ke Berbardo Silva hingga akhirnya menceploskan bola. Skor menjadi 3-3 di menit ke-64.

Manchester City mendominasi penguasaan bola di sisa-sisa laga. Namun Newcastle juga terkadang memberikan tekanan yang berbahaya. Sayangnya kedua tim tidak bisa memanfaatkan itu sebagai gol. Skor 3-3 bertahan hingga akhir laga.

Susunan pemain Newcastle United vs Manchester City:

NEWCASTLE UNITED XI (4-3-3): Nick Pope; Kieran Trippier, Sven Botman, Fabian Schar, Dan Burn; Joe Willock, Bruno Guimaraes, Joelinton; Miguel Almiron, Callum Wilson, Allan Saint-Maximin

Cadangan: Chris Wood, Elliot Anderson, Martin Dubravka, Ryan Fraser, Jamaal Lascelles, Emil Krafth, Sean Longstaff, Matt Ritchie

Pelatih: Eddie Howe

MANCHESTER CITY XI (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, John Stones, Nathan Ake, Joao Cancelo; Kevin De Bruyne, Rodrigo, Ilkay Gundogan; Phil Foden, Erling Haaland, Bernardo Silva

Cadangan: Julian Alvarez, Stefan Ortega, Rico Lewis, Riyad Mahrez, Kalvin Phillips, Ruben Dias, Cole Palmer, Sergio Gomez, Luke Mbete

Pelatih: Pep Guardiola 


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT