Thailand berhasil menahan imbang Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Thailand melaju ke final karena unggul agregat 2-0 dan menantang Indonesia. (foto: AFF).
Quadiliba Al Farabi

SINGAPURA, iNews.id- Thailand berhasil menahan imbang Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Thailand melaju ke final karena unggul agregat 2-0 dan menantang Indonesia.

Laga berlangsung di National Stadium, Singapura, Minggu (26/12/2021). Vietnam langsung mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal.

Vietnam langsung ngotot mengejar ketertinggalan 0-2 di leg pertama. Mereka dengan cepat mengarahkan semua lini untuk posisi menyerang.

Hingga saat laga baru berjalan 10 menit, mereka sudah mendapatkan dua percobaan tendangan. Salah satunya mengarah langsung ke gawang namun kiper Thailand masih sangat kuat menghalaunya.

Hingga memasuki menit ke-25 para pemain Thailand kerap panik di area pertahanan sendiri. Tak jarang juga bola yang baru dikuasai dapat direbut secara cepat.

Beberapa kali juga Vietnam mampu melepaskan umpan-umpan berbahaya yang jatuh di belakang pertahanan Thailand. Misalnya pada menit 27, Nguyen Tien Linh tinggal berhadapan dengan sang kiper Chatchai Bootprom.

Namun dia selalu sigap menghalau bola-bola liar tersebut. Sampai akhirnya ia harus mengorbankan dirinya sendiri mengalami cedera dan harus digantikan.

Peluang terbaik Vietnam terjadi pada menit 35 yakni melalui tendangan bebas. Nguyen Quang Hai melakukan tendangan keras melewati pagar hidup Thailand, namun bola masih bisa ditangkap kiper yang baru masuk Siwarak Tedsungnoen.

Pada menit 42, Vietnam hampir membuka keunggulan melalui sundulan Ho Tan Tai memanfaatkan tendangan sudut. Sayang bola hanya melebar ke kiri gawang.

Laga ini berlangsung keras hingga tak jarang banyak pemain yang meringis kesakitan. Hal itu pun membuat wasit memberikan waktu tambahan hingga 6 menit.

Kokohnya pertahanan Thailand membuat Vietnam masih sulit mencetak gol. Vietnam tercatat melakukan 6 tembakan hanya 2 yang tepat sasaran. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Di awal-awal babak kedua, masih seperti tren di babak pertama. Vietnam banyak inisiatif melakukan serangan demi serangan cepat. Namun pertahanan Thailand masih kuat dan solid.

Saking solidnya, Vietnam hanya mampu mendapatkan peluang dari tendangan bebas. Salah satunya yang dilakukan Nguyen Quang Hai saat mengeksekusi dari sisi kiri pertahanan Thailand, namun kiper Siwarak masih dalam posisi yang baik.

Selanjutnya penguasaan bola didominasi oleh Thailand dengan permainan dari kaki ke kakinya. Namun bicara ancaman, Vietnam jauh lebih berbahaya.

10 menit terakhir penguasaan kemudian berbalik, Thailand kini yang bertahan sangat dalam. Vietnam kini terus berupaya mencetak setidaknya satu gol lebih dulu dari tendangan jarak jauh.

Tensi semakin memanas memasuki injury time. Banyak kejadian-kejadian yang tidak berkaitan dengan perebutan bola namun berujung pada pelanggaran.


Susunan Pemain:

Vietnam (5-3-2): Tran Nguyen Manh; Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai, Nyuyen Thanh Chung, Ho Tan Tai; Nguyen Phong Hong Duy, Ha Duc Cinh, Nguyen Hoang Duc, Phan Van Duc; Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh

Pelatih: Park Hang-seo.

Thailand (4-3-1-2):Chatchai Bootprom; Theerathon Bunmathan, Kritsada Kaman, Manuel Tom Bihr, Narubadin Weerawatnodom; Thitiphan Puangjan,, Sarach Yooyen, Phitiwat Sukjitthammakul, Thanawat Suengchitthawon; Chanathip Songkrasin;, Teerasil Dangda.

Pelatih: Alexandre Polking


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT