menang tipis 1-0 atas Stade Brestois (1-0) dalam lanjutan Liga Prancis 2022-2023 pekan ke-7. Gol kemenangan Les Parisiens dicetak Neymar (foto: REUTERS).
maulana yusuf

PARIS, iNews.id- Paris Saint-Germain (PSG) menang tipis 1-0 atas Stade Brestois (1-0) dalam lanjutan Liga Prancis 2022-2023 pekan ke-7. Gol kemenangan Les Parisiens dicetak Neymar usai memanfaatkan umpan Lionel Messi.

Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Parc des Princes, Paris, pada Sabtu (10/9/2022). PSG tampil dominan di kandang.

Jalannya Pertandingan

Sejak babak pertama dimulai, PSG langsung tancap gas melancarkan serangan ke jantung pertahanan Brestois. Tim besutan Christophe Galtier itu memulai serangan dengan memainkan bola dari kaki ke kaki. Lionel Messi dkk terlihat penuh percaya diri dalam menguasai si kulit bundar.

Menerobos ke depan dari tiga bek, Sergio Ramos menemukan ruang di sisi kanan kotak penalti dan melepaskan tendangan melengkung ke arah kotak enam yard. Sepakannya itu memaksa Herele memblok bola sehingga menghasilkan sepak pojok pertama.

Tepat di menit ke-7, PSG memberikan ancaman serius ke gawang Brestois lewat tendangan sepak pojok yang membuat lini belakang mereka kesulitan. Namun, setelah peluangnya itu gagal dikonversikan menjadi gol, PSG kembali  membangun serangan dari belakang dengan sabar.

PSG terus berusaha, kali ini Neymar Junior  menggiring bola ke arah Messi di sisi kiri kotak. Akan tetapi, kakinya tidak bisa sepenuhnya mengelilingi bola dan mengarahkan usahanya ke sisi jaring dari jarak 10 yard.

Di menit 17, giliran Brestois yang menebar ancaman. Kiper PSG, Donnarumma pun terpaksa menepis tendangan rendah yang dilakukan Honorat. Meskipun bola kemudian memantul di sepanjang kotak, tidak ada penyerang Brest yang siap untuk mengambil rebound.

Berkat kerja kerasnya, PSG kali ini sukses membuka keran golnya melalui sepakan Neymar Junior (30’). Neymar menerima umpan akurat dari Messi, kemudian menembakkan bola dengan kejam ke sudut kanan bawah gawang Bizot. Skor pun menjadi 1-0 untuk tuan rumah.

Di menit akhir babak pertama, PSG hampir saja bisa menggandakan kedunggulannya lewat kerjasama Mbappe, Verratti dan Neymar. Namun, kiper Brestois berhasil dengan baik membuat penyelamatan. Kedudukan pun tidak berubah 1-0 untuk PSG hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, PSG tidak mengendurkan permainan meski telah unggul. Pasalnya, Neymar dkk belum puas dengan satu gol. Mereka pun masih gencar melakukan serangan ke lini pertahanan Brestois. Dengan sedikit sentuhan seni Brasil, Neymar menyenangkan para penonton.

Tepatdi menit 58, Messi dan Neymar membuka peluang dengan bertukar dua umpan cepat di tepi kotak penalti kepada Mbappe untuk menyelesaikan. Namun, ia tidak bisa memberikan sentuhan terakhir, karena tembakannya melayang melewati tiang kanan yang  itu seharusnya menjadi gol kedua PSG.

Sementara itu, Brestois sebetulnya hampir saja bisa menyamakan kedudukan di menit ke-70. Mereka mendapatkan hadiah tendangan penalty. Namun, Islam Slimani yang menjadi eksekutor gagal melakukannya dengan maksimal. Pasalnya, Gianluigi Donnarumma sukses menepis bola dengan epik.

Selepas itu, baik PSG maupun Brestois masih terus berusaha untuk mencuri gol. Akan tetapi, sejumlah peluang yang mereka dapatkan gagal dimanfaatkan dengan baik. Sehingga, kedudukan 1-0 untuk kemenangan PSG pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan Pemain

PARIS SAINT-GERMAIN XI (3-4-3): Gianluigi Donnarumma (GK); Sergio Ramos, Danilo Pereira, Presnel Kimpembe; Achraf Hakimi, Vitinha, Marco Verratti, Juan Bernat; Lionel Messi, Kylian Mbappe, Neymar.

Cadangan: Keylor Navas, Nordi Mukiele, Fabian Ruiz, Carlos Soler, Nuno Mendes, Hugo Ekitike, Warren Zaire-Emery, Pablo Sarabia, Marquinhos.

Pelatih: Christophe Galtier

BRESTOIS XI (5-3-2): Marco Bizot (GK); Noah Fadiga, Jean-Kevin Duverne, Christophe Herelle, Brendan Chardonnet, Lilian Brassier; Haris Belkebla, Pierre Lees-Melou, Mahdi Camara; Islam Slimani, Franck Honorat.

Cadangan: Joaquin Blazquez, Hugo Magnetti, Tairyk Arconte, Achraf Dari, Mathias Pereira Lage, Irvin Cardona, Youcef Belaili, Jere Uronen, Karamoko Dembele.

Pelatih: Michel Der Zakarian


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT