Paris Saint-Germain (PSG) menang tipis 2-1 atas OGC Nice di Parc des Princes pada Minggu (2/10/2022) dini hari WIB. (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)
Andhika Khoirul Huda

PARIS, iNews.id – Paris Saint-Germain (PSG) menang tipis 2-1 atas OGC Nice di Parc des Princes pada Minggu (2/10/2022) dini hari WIB. Gol Les Parisiens dicetak Lionel Messi dan Kylian Mbappe.

PSG memulai pertandingan dalam tempo yang cukup lambat. Mereka sangat bersabar membangun serangan untuk mencari celah di pertahanan Nice.

Tercatat tidak ada peluang berbahaya yang ditorehkan oleh Les Parisiens dalam 10 menit pertama. Saat laga berjalan 11 menit barulah mereka mengancam gawang tim tamu lewat tendangan bebas Neymar Jr, tetapi bola mengalir terlalu deras sehingga terlampau tinggi di atas mistar gawang.

Di sisi lain, Nice juga masih kesulitan untuk menebar ancaman di pertahanan tim tamu, meski beberapa kali kombinasi Aaron Ramsey dan Ross Barkley mampu membawa bola hingga ke kotak penalti lawan. Namun, sentuhan terakhir mereka cukup buruk sehingga berakhir sia-sia.

Pada akhirnya, PSG lah yang sukses memecah kebuntuan lebih dulu, tepatnya pada menit 28. Adalah La Pulga –julukan Messi- yang mencatatkan namanya di papan skor usai merobek jala Kasper Schmeichel dengan tendangan bebasnya yang melengkung ke arah sudut atas gawang.

Sembilan menit berselang, gantian Neymar yang hampir mencetak gol via tendangan bebas. Namun sayang, bola yang ditembakkannya masih terlalu kencang sehingga masih mengarah tipis di atas mistar gawang.

Menjelang turun minum, Messi pun nyaris menorehkan gol keduanya dalam laga ini. Untungnya Nice memiliki Schmeichel, yang lagi-lagi membuat penyelamatan gemilang dengan menghalau tendangan keras bintang asal Argentina itu.

Tertinggal satu gol, Nice membuat kejutan pada awal babak kedua. Mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 47 lewat Gaetan Laborde yang membobol gawang Gianluigi Donnarumma dengan sontekannya yang memanfaatkan umpan tarik dari Sofiane Diop.

Empat menit berselang, Nice kembali mendapatkan peluang emas. Sayangnya, tendangan voli yang dilepaskan oleh Melvin Bard yang menyambut crossing cantik Youcef Atal masih melebar di samping gawang.

Setelah itu, pertandingan berjalan cukup alot. Kedua tim sama-sama kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya meski pertarungan sengit terus terjadi di lini tengah.

Pada menit 68, Les Parisiens baru bisa mengancam gawang tim tamu via Achraf Hakimi. Bek kanan asal Maroko itu melakukan tendangan spekulasi dari jarak jauh tetapi bisa diselamatkan oleh Schmeichel.

Dua menit kemudian, giliran Nuno Mendes yang menebar ancaman di pertahanan Nice setelah menerima umpan terobosan cantik dari Messi. Sayangnya, lagi-lagi Schmeichel bisa melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan mendatarnya dari jarak dekat.

Terus mengurung Nice, akhirnya PSG berhasil memimpin lagi pada menit 83 lewat Kylian Mbappe. Bintang muda Prancis itu menaklukkan Schmeichel dengan sontekannya yang memanfaatkan umpan silang Nordi Mukiele.

Gol dari Mbappe itu pun menjadi yang terakhir dalam laga ini. Alhasil, armada Christophe Galtier sukses mengamankan tiga pon atas Nice dengan skor tipis 2-1.

Berikut adalah susunan pemain PSG vs OGC Nice:

PSG (3-4-1-2): Gianluigi Donnarumma; Nordi Mukiele, Marquinhos, Sergio Ramos; Achraf Hakimi, Vitinha, Fabian Ruiz, Juan Bernat; Lionel Messi; Hugo Ekitike, Neymar.

Cadangan: Keylor Navas, Nuno Mendes, El Chadaille Bitshiabu, Warren Zaire-Emery, Danilo Pereira, Renato Sanches, Carlos Soler, Kylian Mbappe, Pablo Sarabia.

NICE (4-2-3-1): Kasper Schmeichel; Melvin Bard, Dante, Mattia Viti, Youcef Atal; Mario Lemina, Pablo Rosario; Sofiane Diop, Aaron Ramsey, Ross Barkley; Gaetan Laborde.

Cadangan: Nicolas Pepe, Mads Bech Sorensen, Jordan Lotomba, Marcin Bulka, Kephren Thuram, Bilal Brahimi, Alexis Beka Beka, Andy Delort, Antoine Mendy.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT