Pemain Timnas Australia, Jackson Irvine merayakan gol ke gawang Uni Emirat Arab dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Rayyan, Doha, Rabu (8/6/2022). (Foto: REUTERS)
Andika Rachmansyah

AL RAYYAN, iNews.id – Tim Nasional Australia berhasil menang atas Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor tipis 2-1. Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia itu berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Rabu (8/6/2022) dini hari WIB.

Gol kemenangan Australia dicetak oleh Jackson Irvine (53’) dan Ajdin Hrustic (84’). Sementara satu gol UEA disumbangkan oleh Caio Canedo di menit ke-57.

Hasil tersebut membuat Australia sudah menjejakkan satu kaki ke Piala Dunia 2022. Untuk memastikan terbang ke Qatar, tim berjulukan Socceroos itu mesti mengalahkan Peru pada laga play-off, Selasa (14/6/2022).

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Kedua kesebelasan langsung bermain menyerang sehingga laga berjalan cukup sengit sejak menit awal. Baik UEA maupun Australia melancarkan serangannya namun masih belum ada yang efektif.

Pada menit ke-17, Ali Salmeen melakukan tendangan spekulasi yang mengarah langsung ke gawang Australia. Namun dengan sigap Mattew Ryan mampu menangkap bola tersebut.

Setelah itu, Australia pun mencoba untuk menguasai penguasaan bola. Tim arahan Graham Arnold itu terlihat sabar dalam membangun serangannya. Namun tetapi, hingga laga berjalan sampai menit ke-30 kedua tim masih belum bisa mencetak gol.

Lima menit kemudian, UEA mendapat peluang emasnya lewat tendangan yang dilesatkan Caio Canedo. Namun lagi-lagi Ryan melakukan save yang sangat apik. Sampai peluit panjang babak pertama dibunyikan, skor pun tidak berubah. UEA dan Australia bermain sama kuat dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Di babak kedua, Australia tampil lebih menekan. Hasilnya pun berbuah manis di menit ke-53. Mereka berhasil unggul 1-0 setelah tendangan Jackson Irvine tak mampu diantisipasi oleh kiper UEA, Khalid Eisa.

Namun UEA berhasil meresponnya dengan baik. Pasalnya, di menit ke-57 Caio sukses menjebol gawang Australia yang mana gol tersebut sekaligus merubah skor menjadi imbang 1-1. Setelah itu, pertandingan pun berjalan cukup sengit.

Kedua kesebelasan saling jual beli serangan, akan tetapi masih belum ada yang membuahkan hasil manis. Hingga laga berjalan sampai menit ke-70, belum ada tambahan gol yang tercipta. Australia pun terus berupaya menekan lini pertahanan UEA.

Hingga akhirnya, mereka pun berhasil menambah keunggulannya menjadi 2-1 atas UEA. Adalah Ajdin Hrustic yang sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-84.

Situasi ini tentu membuat tim besutan Rodolfo Arruabarrena cukup kesulitan, mengingat tak banyak waktu yang tersisa. Alhasil, UEA pun harus mengakui ketangguhan lawannya karena pertandingan berakhir dengan skor 2-1 yang dimenangi Australia.

Susunan Pemain Uni Emirat Arab vs Australia:

Uni Emirat Arab (4-2-3-1): Khalid Eisa, Aldhanhani, Al Hammadi, Al Attas, Abbas; Ali Salmeen, Hamad; Caio, Ramadan, Harib Abdalla; Mabkhout

Pelatih: Rodolfo Arruabarrena

Australia (4-1-3-2): Ryan; Atkinson, Wright, Rowles, Behich; Mooy; Boyle, Irvine, Goodwin; Leckie, Hrustic

Pelatih: Graham Arnold


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT