Barcelona mengamankan tiga poin usai mengalahkan Valencia dengan skor 1-0 di pertandingan pekan ke-12 Liga Spanyol 2022/2023. Gol kemenangan Blaugrana dicetal Robert Lewandowski menit 90+4. (foto: REUTERS).
Andika Rachmansyah

VALENCIA, iNews.id- Barcelona mengamankan tiga poin usai mengalahkan Valencia dengan skor 1-0 di pertandingan pekan ke-12 Liga Spanyol 2022/2023. Gol kemenangan Blaugrana dicetal Robert Lewandowski menit 90+4.

Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Mestalla, Valencia, Spanyol, Minggu (30/10/2022) 02.00 WIB. Laga berjalan ketat sejak awal.

Namun, dewi fortuna berada di pihak Barcelona. Memanfaatkan umpan Rafinha, Lewandowski mencetak gol kemenangan dengan sontekan mautnya.

Jalannya pertandingan

Sejak dimulainya babak pertama, kedua kesebelasan langsung menyajikan tontonan yang apik. Sebab, baik Barcelona maupun Valencia bermain saling jual beli serangan.

Barcelona mendapat peluang emas pertamanya di menit ke-12 lewat Ansu Fati. Namun sayang sontekan yang dilakukan wonderkid Barcelona itu masih bisa ditepis oleh kiper Valencia, Giorgi Mamardashvili.

Kemudian di menit ke-22, Ansu Fati berhasil mencetak gol. Namun sayangnya gol tersebut dianulir karena dirinya dalam posisi offside. Sementara Valencia mulai keteteran menahan serangan Blaugrana –julukan Barcelona.

Hingga pertandingan memasuki menit ke-35, belum ada gol yang tercipta. Kali ini, Valencia perlahan mulai menemukan permainannya sehingga mulai berhasil menebar ancaman ke gawang Barcelona.

Memasuki lima menit akhir babak pertama, kedua tim mendapat beberapa peluang namun masih belum ada yang berbuah manis. Pada akhirnya, Valencia dan Barcelona harus bermain imbang 0-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Valencia kini tampil cukup baik. Tim besutan Gennaro Gattuso itu mulai mendapatkan ritme permainannya sehingga serangan yang dilancarkan sukses menembus kotak penalti Barcelona.

Valencia sebenarnya sukses menjebol gawang Barcelona di menit ke-51 lewat kaki Samuel Lino usai memanfaatkan umpan dari Marcos Andre. Namun gol tersebut dianulir oleh wasit setelah meninjau lewat VAR. Wasit menilai Andre telah lebih dulu melakukan handball sehingga gol tersebut dianulir.

Setelah itu, pertandingan kembali berjalan cukup sengit. Kedua kesebelasan masih terus jual beli serangan meskipun tidak ada yang membuahkan hasil. Hingga laga memasuki menit ke-70, skor masih kacamata alias 0-0.

Di menit ke-84, Barcelona mendapat peluang emas. Tapi sangat disayangkan Ferran Torres gagal mengkonversikan umpan manis yang diberikan oleh Pedri. Padahal, Torres sudah berada dalam situasi yang seharusnya bisa mencetak gol.

Tambahan waktu enam menit dibeikan. Kebuntuan Blaugrana baru bisa terpecahkan di menit 90+3 lewat sontekan Robert Lewandowski. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor tidak berubah. Barcelona menang 1-0 atas Valencia.

Susunan Pemain Valencia vs Barcelona:

Valencia (4-3-3): Mamardashvili; Thierry Correia, Gabriel Paulista, Comert, Gaya; Foulquier, Hugo Guillamon, Almeida (Toni Lato 72’); Justin Kluivert (Castillejo 72’), Edinson Cavani (Marcos Andre 18’), Samuel Lino.

Pelatih: Gennaro Gattuso.

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alejandro Balde, Jules Kounde (Pique 74’), Eric Garcia (Marcos Alonso 42’), Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets (Gavi 56’), Pedri; Ousmane Dembele (Ferran Torres 56’), Ansu Fati (Raphinha 57’), Robert Lewandowski.

Pelatih: Xavi Hernandez.



Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT