Indonesia menang dramatis atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020.. Pelatih skuad Garuda Shin Tae-yong rasakan sensasi luar biasa. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)
Cikal Bintang

SINGAPURA, iNews.id – Indonesia menang dramatis atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Pelatih skuad Garuda Shin Tae-yong merasakan sensasi ke surga dan neraka bolak-balik.

Indonesia menang 4-2 di laga yang berlangsung di National Stadium itu. Pasukan Shin Tae-yong berhasil mencuri keunggulan lebih dahulu lewat sepakan Ezra Walian pada menit ke-11.

Namun tim tuan rumah mampu menyamakan kedudukan sebelum turun minum lewat sepakan Son Ui-young (45+3). Pada babak kedua, sensasi luar biasa dirasakan Shin Tae-yong.

Indonesia menang 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Skuad Garuda melaju ke final usai unggul agregat 5-3. (Foto: AFF)

Sebab Indonesia sempat kebobolan lewat sepakan bola mati Shahdan Sulaiman (71). Padahal saat itu Singapura bermain pincang setelah pemain Singapura Safuwan Baharudin dan Irfan Fandi dikartu merah.

Untungnya skuad Garuda membalasnya lewat gol Pratama Arhan (88). Tapi tak lama kemudian Singapura mendapat hadiah penalti. Untungnya Faris Ramli yang ditunjuk jadi algojo gagal menjalankan tugas.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga waktu normal dan laga dilanjutkan hingga ke babak tambahan. Dengan unggul jumlah pemain, Indonesia berhasil memanfaatkan kesempatan dan akhirnya mencetak gol bunuh diri Shawal Anuar (91’) dan Egy Maulana Vikri (105’).

Melihat pertandingan super mendebarkan, Shin mengatakan sangat merasakan sensasi yang berbeda. Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan seperti neraka lalu kembali lagi ke surga.

“Jujur (para pemain) sangat bekerja keras, saya bicara kepada para pemain sebelum bertanding bahwa singapura sangat kuat dalam set piece,” kata Shin dalam konferensi pascapertandingan, Sabtu (25/12/2021).

“Kami tidak fokus dalam set piece, saya bisa katakan kami kemasukkan (dua gol) karena itu, itu seperti ke neraka dan ke surga bulak balik,” sambungnya.

Di samping itu semua, kemenangan ini membuat Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF 2020 untuk keenam kalinya. Mereka unggul agregat 5-3.

Untuk selanjutnya, skuad asuhan Shin Tae-yong tinggal menunggu hasil laga semifinal leg kedua antara Timnas Thailand vs Vietnam yang akan digelar pada Minggu (26/12/2021) pukul 19.30 WIB dan disiarkan iNews.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT