Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. (Foto: Reuters)
Ibnu Hariyanto

BUDAPES, iNews.id- Cristiano Ronaldo membuktikan diri sebagai predator sejati di kontak penalti. Dwi gol Ronaldo saat melawan Prancis membawanya mencetak sederet rekor fantastis.

Laga yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hungaria Kamis (24/6/2021), Portugal hanya bermain imbang 2-2. 

Dalam laga itu Ronaldo mencetak dua gol. Kedua gol Ronaldo dicetak lewat titik penalti pada menit ke-30 dan menit ke-60.

Sayang, dua gol Ronaldo tak mampu mengantar Portugal menang. Namun, hasil imbang cukup mengantar Portugal lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Selain itu, Ronaldo berhasil mencetak rekor-rekor individu fantastis usai laga kontra Les Bleus. 

Berikut ringkasannya:

1. Cristiano Ronaldo menjadi pemain Eropa pertama dalam sejarah Piala Dunia dan Euro yang mencetak 20 gol di dua turnamen itu. Ronaldo melewati dua penyerang legendaris Jerman Miroslav Klose dan Gerd Muller.

2. Ronaldo kini mengoleksi 109 gol internasional. Jumlah itu menyamai rekor pencetak gol internasional terbanyak milik penyerang legendaris Iran, Ali Daei. Ronaldo berpeluang memecahkan rekor itu karena diprediksi karier di timnas Portugal masih panjang.

3. Cristiano Ronaldo telah mencetak lima gol di babak penyisihan grup. Ronaldo melewati capaian David Villa di Euro 2008 yang mencetak empat gol. Memang, hanya Michel Platini pada Euro 1984 yang pernah mencetak lebih banyak gol dalam satu babak grup. Platini mencetak 7 gol.

4. Ronaldo akhirnya memutus rekor buruk tak bisa cetak gol lawan Prancis. Dua gol Ronaldo ke gawang Prancis diceta melalui titik penalti.



Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT