Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: AFP)
Rifqi Herjoko

ZURICH, iNews.id FIFA dianggap banyak pihak punya standar ganda. Sebab mereka menghukum Rusia karena invasi Ukraina, tapi tidak dengan Israel yang terlibat konflik dengan Palestina.

FIFA memberikan hukuman tegas berupa larangan bermain kepada Timnas dan Klub Rusia. Timnas Rusia dicoret dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar Zona Eropa.

Akibat konflik dengan Ukraina, timnas Rusia mendapat hukuman dari FIFA. (Foto: Twitter/@TeamRussia)

Tak hanya itu, klub sepak bola mereka juga tidak diizinkan berpartisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA. Sayangnya, sanksi berat tidak pernah diberikan FIFA kepada Israel yang berkonflik dengan Palestina.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Jumat (11/3/2022), mereka menyatakan bersikap netral dalam masalah politik, khususnya konflik Israel-Palestina. Mereka khawatir campur tangan mereka akan memperburuk dunia sepak bola di negara yang disanksi maupun negara lain.

Selain itu, FIFA juga menjelaskan mereka telah mendalami dokumen-dokumen mengenai hubungan antara Israel dan Palestina. Mereka pun mengakui situasi tersebut kompleks dan sangat sensitif.

“Dewan FIFA mendalami dokumen-dokumen yang diadopsi oleh badan-badan pemerintah internasional mengenai hubungan antara Israel dan Palestina, seperti Resolusi Dewan Keamanan PBB 2334,” bunyi pernyataan resmi FIFA.

Israel masukkan enam kelompok HAM Palestina sebagai organisasi teroris. (Foto: Ilustrasi/Ist)

“Dewan FIFA mengakui bahwa situasi saat ini ditandai dengan kompleksitas dan sensitivitas yang luar biasa. Oleh karena itu, Dewan FIFA telah memutuskan untuk menahan diri dari menjatuhkan sanksi atau tindakan lain pada FA Israel atau FA Palestina,” lanjut mereka.

Penjelasan itu diharapkan dapat membuat publik mengerti alasan FIFA tidak menjatuhkan sanksi terhadap Israel maupun Palestina. Bagaimana pecinta sepak bola, setuju dengan FIFA?



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT