Timnas Spanyol melibas Swedia 1-0 pada matchday terakhir Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Senin (15/11/2021) dinin hari WIB. (Foto: REUTERS/Marcelo Del Pozo)
Quadiliba Al-Farabi

SEVILLE, iNews.id - Timnas Spanyol melibas Swedia 1-0 pada matchday terakhir Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Senin (15/11/2021) dinin hari WIB. Hasil ini membuat La Furia Roja memastikan satu tiket ke Qatar.

Tim asuhan Luis Enrique itu lolos ke Piala Dunia 2022 karena finis sebagai juara Grup B dengan nilai 16. Spanyol menyusul Jerman, Denmark, Serbia dan Brasil yang lebih dulu memegang tiket ke ajang sepak bola terakbar di muka bumi itu.

Jalannya Pertandingan

Di menit-menit awal, Sapnyol yang lebih dulu berinisiatif menyerang. Tim Matador melalui Pablo Sarabia, Dani Olmo dan Raul de Tomas saling bekerja sama hingga menciptakan peluang pertama pada menit ke-9.

Diserang, tak membuat Swedia diam begitu saja. Pada menit ke-16 Emil Forsberg berhasil melewati para pemain tengah Spanyol dengan dribel yang apik. Akhirnya dia bisa melepaskan tendangan kencang, namun sayang hanya tipis di samping gawang.

Laga ini pun berlanjut dengan berjalan agak timpang. Spanyol memiliki penguasaan bola hingga 74 persen berbanding dengan Swedia di angka 25 persen.

Meski begitu kedua tim masih sama-sama kesulitan menciptakan tendangan mengarah ke gawang. Mereka sama-sama menciptakan 2 percobaan namun tidak ada satu pun yang menyibukkan kiper masing-masing.

Tidak ada momen spesial di babak pertama, hanya berisi serangan-serangan yang kerap gagal dari kedua tim. Skor masih sama kuat 0-0 di paruh pertama.

Mengawali babak kedua langsung diwarnai dengan kesalahan dari bek Spanyol Cesar Azpilicueta. Di menit ke-48, blundernya mengarahkan bola ke Viktor Claesson yang dengan mudah mengumpan ke Alexander Isak. Beruntung tendangan akhir Isak hanya melambung dari gawang.

Kedua tim saling jual beli serangan termasuk dalam hal percobaan tendangan. Penyerang-penyerang mereka sama-sama berhasil melepaskan tendangan akhir namun masih melebar atau melambung dari arah gawang.

Percobaan yang sama saat pemain yang baru masuk Mattias Svanberg melakukan tendangan salto dari jarak jauh. Kebuntuan ini membuat penggemar Swedia tampak menginginkan Zlatan Ibrahimovic untuk diturunkan. Akhirnya hal itu terwujud di menit ke-73.

Namun upaya itu juga tidak menemukan hasil. Swedia boleh jadi lebih berbahaya dalam hal menyerang, namun kerap kali kecolongan dalam situasi serangan balik atau permainan terbuka Spanyol.

Benar saja, Spanyol justru akhirnya mampu menembus pertahanan terakhir Swedia pada menit ke-86. Tendangan jarak jauh Dani Olmo yang mampu ditepis kiper Robin Olsen jatuh di kaki Alvaro Morata yang dengan sigap memanfaatkan bola rebound. Skor pun menjadi 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Menjelang laga berakhir, Swedia hanya mampu menciptakan peluang dari tendangan bebas. Namun itu juga tidak berhasil dan akhirnya mereka harus melakoni playoff karena berakhir sebagai runner up grup.

Susunan Pemain 

SPANYOL (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Gavi, Sergio Busquets, Carlos Soler; Pablo Sarabia, Raul de Tomas, Dani Olmo

Cadangan: David de Gea, Brahim Diaz, Diego Llorente, Alvaro Morata, Koke, Brais Mendez, Robert Sanchez, Jose Gaya, Rodri, Mikel Merino, Rodrigo Moreno, Dani Carvajal

Pelatih: Luis Enrique

SWEDIA (4-4-2): Robin Olsen; Emil Krafth, Joakim Nilsson, Victor Lindelof, Ludwig Augustinsson; Dejan Kulusevski, Albin Ekdal, Kristoffer Olsson, Emil Forsberg; Alexander Isak, Viktor Claesson

Cadangan: Alexander Milosevic, Martin Olsson, Zlatan Ibrahimovic, Pontus Dahlberg, Oscar Lewicki, Daniel Sundgren, Magnus Eriksson, Jesper Karlsson, Jens Cajuste, Mattias Svanberg, Robin Quaison, Kristoffer Nordfeldt

Pelatih: Janne Andersson


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT