Manchester City terancam dihukum pemerintah Inggris. (Foto: REUTERS/Phil Noble)
Muammar Yahya Herdana

MANCHESTER, iNews.idManchester City terancam dihukum pemerintah Inggris. The Citizens bernasib seperti Chelsea?

The Blues berada dalam situasi sulit setelah mendapat sanksi yang diberikan pemerintah Inggris. Sebelumnya pemerintah Inggris telah membekukan semua aset yang dimiliki mantan bos Chelsea, Roman Abramovich karena memiliki kedekatan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Semua berawal karena Rusia melakukan operasi militer khusus terhadap Ukraina sejak akhir Februari lalu. Inggris akhirnya membekukan semua aset miliarder Rusia yang diduga memiliki kedekatan dengan Putin.

Kini, Man City juga mendapat sanksi serupa lantaran pemiliknya, Sheikh Mansour, disebut telah melakukan pertemuan dengan Presiden Suriah, Bashar Al-Assad. Sebagaimana diketahui Presiden Bashar merupakan salah satu sekutu dari Putin.

Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan Inggris (FCDO), mengatakan rezim Bashar merupakan salah satu tokoh kunci dari peperangan yang terjadi di Suriah. Dan Inggris pun dengan tegas menentang hal tersebut.

"Ini adalah keyakinan kuat Inggris. Tidak adanya perubahan perilaku oleh rezim Suriah merusak prospek perdamaian abadi dan inklusif di Suriah," kata FCDO dilansir Marca, Selasa (22/3/2022).

Sanksi pemerintah Inggris membuat Chelsea tidak bisa menerima pemasukan dan pengeluaran apapun untuk menunjang aktivitasnya. Bahkan tim asuhan Thomas Tuchel itu tidak dapat membeli, menjual, bahkan memperpanjang kontrak pemainnya sebelum pembekuan itu dicabut.

Kini, Man City pun terancam mendapatkan perlakuan yang serupa dan menjadi klub kedua yang menerima sanksi dari pemerintah Inggris. 



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT