Thiago Alcantara menjadi dirigen sempurna pernyerangan Liverpool saat meruntuhkan tembok tebal Villarreal di leg pertama semifinal Liga Champions 2021/2022.REUTERS/Phil Noble).
Ibnu Hariyanto

LIVERPOOL, iNews.id- Thiago Alcantara menjadi dirigen sempurna pernyerangan Liverpool saat meruntuhkan tembok tebal Villarreal di leg pertama semifinal Liga Champions 2021/2022. Thiago pun dinobatkan sebagai man of the match di laga itu.

Laga tersebut berlangsung di Anfield, Kamis (28/4/2022) dini hari WIB. Liverpool menang 2-0 atas Villarreal di laga itu.

Dua gol kemenangan Liverpool dicetak lewat aksi bunuh diri Parvis Estupina pada menit 53 dan gol Sadio Mane menit 55. Meski Thiago tak mencetak gol maupun assist di laga itu tapi perannya sangat vital.

Thiago menjadi dirigen sempurna serangan Liverpool. Liverpool awalnya sulit membongkar lini pertahanan Villarreal di babak pertama.

Beberapa kali serangan The Reds selalu gagal karena solidnya lini pertahanan Liverpool. Akhirnya, perjuangan Liverpool membuahkan hasil. Tembok tebal pasukan Unai Emery pun runtuh di babak kedua.

Lagi-lagi aktor dari semua itu berawal dari Thiago Alcantara. Gol pertama Liverpool berawal dari pergerakannya menipu pemain Villarreal di sisi kiri.

Thiago lalu mengirim umpan ajaib ke Mane yang diteruskan ke Henderson. Henderson melakukan pergerakan umpan satu dua dengan Salah sebelum melepaskan tembakan yang berbuah gol bunuh diri.

Gol kedua Liverpool juga tak lepas dari pergerakan cerdik Thiago. Dia melakukan pergerakan tanpa bola yang membuat pemain Villarreal tertarik mengawalnya.

Ruang kosong yang ditinggal pemain Villarreal itu dimanfaatkan oleh Salah menyambut datangnya bola, lalu mengumpan ke Mane untuk mencetak gol. Skor 2-0 bertahan hingga akhir laga.

Thiago pun mencatatkan statistik sempurna di laga itu. Berdasarkan catatan Squawka, Thiago melakukan 96 persen umpan akurat atau 99 kali sukses dari 103 percobaan.

Dia melakukan 34 umpan di daerah serang. Bahkan untuk umpan jauh, Thiago tak pernah meleset dalam 9 kali percobaan.

Thiago juga ciamik dalam mengontrol bola. Dia 10 kali melakukan recovery penguasaan bola, 5 kali intersep dan 3 kali memenangkan duel bola atas.

Penampilan sempurna itu pun diganjar gelar man of the match. Usai laga, Thiago mengungkapan kunci kemenangan Liverpool karena rekan-rekannya jeli memanfaatkan ruang.

“Kami harus menyadari bahwa kami bermain di semifinal Liga Champions melawan tim tangguh seperti Villarreal dan harus memiliki ruang untuk menjadi diri kami sendiri, itulah kuncinya,” ucap Thiago, dikutip dari BBC, Kamis (28/4/2022).

“Saya sangat menikmati penampilan tim, itu bagi saya adalah hal terbaik, karena kami menempatkan level kami setinggi mungkin dan kami melakukannya hari ini,” tuturnya.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT