Sebanyak tiga kartu merah didapat Singapura saat dikalahkan Indonesia 2-4 via babak tambahan pada semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. (Foto: AFF)
Ilham Sigit

KALLANG, iNews.id - Bek kiri Indonesia Pratama Arhan absen di leg 1 final Piala AFF 2020 melawan Thailand, Rabu (29/12/2021). Siapa calon penggantinya?

Pratama Arhan harus menepi karena akumulasi kartu kuning. Pemain yang terkenal punya lemparan roket ini selalu diganjar kartu kuning pada dua leg semifinal melawan Singapura.

Pertanyaan pun muncul, bukannya Pratama Arhan tidak terkena kartu kuning di laga leg II semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura? Dalam laporan data di akhir pertandingan, tercatat hanya ada satu nama pemain Indonesia yang terkena kartu kuning, Fachrudin Aryanto.

Namun, AFF kemudian mengoreksi data tersebut. Dalam laporan mereka, Pratama Arhan tercatat terkena kartu kuning di menit 88, tepatnya ketika menjegal winger Singapura, Shawal Anuar, yang berujung penalti.

Sebelumnya di leg I semifinal, pemain yang dikaitkan dengan klub Korea Selatan Seongnam FC itu juga terkena kartu kuning. Pemain 20 tahun itu menerima kartu kuning setelah mengarahkan kaki ke wajah pemain naturalisasi Singapura asal Korea Selatan, Song Ui-young.

Kehilangan Pratama Arhan tentu menjadi kerugian besar untuk Indonesia. Sebab pemain satu ini rajin membantu serangan dan tangguh dalam bertahan.

Kini Shin Tae-yong harus putar otak untuk mengisi kekosongan full-back kiri yang ditinggal Pratama Arhan. Edo Febriansah yang juga seorang bek kiri bisa jadi solusi.

Pemain Timnas Indonesia, Alfeandra Dewangga (Foto: PSSI)

Selain itu, Alfeandra Dewangga yang bisa bermain di berbagai posisi pertahanan juga bisa ditempatkan sebagai bek kiri. Baik Dewangga maupun Edo memiliki atribut menyerang dan bertahan sama baiknya.

Di sisi lain Thailand juga tak bisa diperkuat bek kiri andalan mereka Theerathon Bunmathan di leg pertama nanti. Mantan defender Yokohama Marinos itu juga terkena sanksi akumulasi kartu kuning.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT