Bek Liverpool, Joe Gomez (Foto: Sky Sports)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Profil biodata Joe Gomez menarik untuk diulas. Dia merupakan bek pelapis Virgil van Dijk di Liverpool.

Joe Gomez merupakan pemain sepak bola asal London, Inggris. Di Liverpool, dia dipercaya mengisi posisi bek tengah oleh pelatih Jurgen Klopp.

Selain untuk Liverpool, pemain berusia 24 tahun itu juga merupakan pilar Timnas Inggris. Pemilik postur 188 centimeter itu membela The Three Lions sejak 2017 dan sudah mengoleksi 11 caps sejauh ini.

Gomez bergabung saat Liverpool diasuh pelatih Brendan Rodgers pada 2015. Dia diboyong ke Stadion Anfield dari Charlton Athletic saat usianya baru menginjak 17 tahun.

Di Liverpool,  Gomez mulai mendapatkan kepercayaan tampil di tim utama pada musim 2017/2018. Pada musim tersebut dia tampil 31 kali di seluruh kompetisi.

Joe Gomez saat berkostum Timnas Inggris. (Foto: This is Anfield)

Namun, pada musim 2019/2020, Klopp memberikan porsi bermain lebih banyak kepada Gomez. Dia pun tampil di 43 laga dan membawa Liverpool menjadi raja Liga Inggris.

Gomez sendiri telah memenangkan lima trofi utama bersama The Reds. Pada waktu tertentu dia juga kerap dipercaya sebagai kapten tim.

Selain prestasi, karier Gomez dibumbui kisah menarik. Dia pernah ribut dengan bintang Manchester City, Raheem Sterling.

Terjadi pada 2019, Sterling tampak frustrasi karena Liverpool yang diperkuat Gomez bisa unggul 3-1 kala kedua tim bertemu. Keduanya pun bersitegang di lapangan lalu merembet sampai ke luar pertandingan.

Dikutip dari Sky News, Gomez dan Sterling sama-sama memperkuat Timnas Inggris. Kala, Gomez bersenda gurau di kantin timnya, Sterling pun datang.

Sterling menganggap Gomez menertawakannya imbas kekalahan Man City melawan Liverpool. Keduanya pun dilaporkan hampir adu jotos dan mesti dipisahkan pemain lain.

Winger Manchester City Raheem Sterling (kiri) dan defender Liverpool Joe Gomez terlibat adu mulut saat kedua tim bentrok pada Premier League, Minggu (10/11/2019). (Foto: Mirror)

Gomez dikabarkan tak terpancing aksi Sterling. Setelahnya, Sterling langsung meminta maaf karena membuat gaduh di skuad Timnas Inggris.

Pelatih Gareth Southgate pun mencoret Sterling dari skuad Timnas Inggris versus Montenegro. Nahasnya, Gomez mendapatkan ejekan dari fans Three Lions saat berlaga.

Melihat Gomez mendapat reaksi negatif dari fans sendiri, Sterling pun hadir menyemangatinya. Dia meminta fans untuk tidak bertindak buruk kepada Gomez karena pertikaian dengannya sudah usai.

Berikut ini adalah profil biodata Joe Gomez beserta perjalanan kariernya.

Profil Biodata Joe Gomez

Nama Lengkap: Joseph Dave Gomez (Joe Gomez)

Tempat Lahir: London, Inggris

Tanggal Lahir: 23 Mei 1997

Usia: 24

Tinggi Badan: 188 cm

Posisi: Bek Tengah

Klub Saat Ini: Liverpool FC

Nomor Punggung: 12

Perjalanan Karier Joe Gomez

bergabung dengan akademi di dekat Charlton Athletic pada usia 10 tahun terhitung mulai tahun 2007-2014. Gomez melakukan debut untuk tim U-18 pada usia 13 tahun. 

Meskipun diminati beberapa klub lain, Gomez akhirnya menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Charlton pada Oktober 2014.

Debut seniornya terjadi di bawah manajer Bob Peeters saat timnya meraih kemenangan 4-0 Piala Liga atas Colchester United di The Valley pada 12 Agustus 2014. Saat itu, Gomez bermain 90 menit penuh sebagai bek kanan. 

Gomez sukses untuk mencatatkan 24 penampilan selama musim pertamanya dengan 18 diantaranya masuk sebagai starter di posisi bek kanan maupun bek tengah.

Setelah itu, tepatnya pada 1 Juli 2015 dia diboyong oleh Liverpool ke Anfield. Untuk mendatangkan bek asal Inggris tersebut, The Reds harus merogoh kocek sebesar 4,9 juta euro.

Meski sempat beberapa kali diterpa cedera, Gomez tetap bermain apik untuk Liverpool. Total, dia telah membukukan 139 penampilan dan 5 assist. Gomez telah ikut membawa timnya memenangkan Liga Premier (2020), Liga Champions (2019), Piala Super UEFA (2019), Piala Dunia Antarklub FIFA (2019).

Itulah profil biodata Joe Gomez. Dia menjadi senjata andalan lini belakang Liverpool saat Virgil van Dijk absen merumput.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT