Ricky Ricardo Cawor saat berkostum tim Papua pada gelaran PON XX Papua. Saat itu dia mencetak gol ke gawang tim Aceh pada laga final di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (14/10/2021). (Foto: PB PON XX Papua/Chaarly Lopulua)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Berbicara mengenai talenta sepak bola muda berbakat di Indonesia, profil biodata Ricky Cawor menarik untuk diulas. Dia merupakan pemain yang melampaui rekor Boaz Solossa di PON Papua.

Ricky Ricardo Cawor merupakan pemain sepak bola yang kini berposisi sebagai striker untuk klub Liga 1, Persipura Jayapura. Pemain berusia 24 tahun itu merupakan penyerang potensial yang dilahirkan di bumi Papua.

Ricky Cawor dikontrak oleh Persipura Jayapura untuk bermain di Liga 1 pada pertengahan musim 2021/2022. Dia bergabung setelah menjadi topskorer di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Di pesta olahraga terbesar se-Indonesia itu, Ricky Cawor menjadi sosok penting bagi tim provinsi Papua. Dia menjadi kapten dan pendulang gol terbanyak dalam ajang tersebut. Medali emas pun berhasil disumbangkannya bagi tanah kelahiran tercinta.

Total 11 gol diciptakan Ricky Cawor di PON 2021 Papua. Torehan itu membuatnya memecahkan rekor striker legendaris Papua, Boaz Solossa.

Pada PON 2004, Boaz Solossa juga menjadi pencetak gol terbanyak. Saat itu dia mencetak 10 gol.

Dikutip iNews.id dari berbagai sumber, Seni (28/3/2022), profil biodata Ricky Cawor lengkap dengan perjalanan kariernya.

Profil Biodata Ricky Cawor

Nama Lengkap: Ricky Ricardo Cristian Cawor

Tempat Lahir: Merauke, Papua

Tanggal Lahir: 26 Januari 1998

Tinggi Badan: 165 cm

Posisi: Striker

Klub Saat Ini: Persipura Jayapura

Perjalanan Karier Ricky Cawor

Ricky Cawor bukanlah sosok pemain yang lahir dan menimba ilmu di sekolah sepak bola (SSB).  Bakat sepak bolanya terasah secara alami dan otodidak di kampung halamannya, Merauke.

Meski begitu, namanya mulai dikenal di daerah Papua karena aksi-aksinya yang brilian saat bermain di laga-laga amatir. 

Bakatnya kemudian memikat tim Liga 3, Persimer Merauke, yang kemudian merekrutnya pada tahun 2017.

Setahun kemudian, Ricky Cawor kemudian direkrut oleh Eduard Ivakdalam yang kini menjadi pelatih tim PON Papua. Saat itu, Ivakdalam mengajak Ricky Cawor untuk bergabung dengan Persemi Mimika pada tahun 2018. 

Nama Ricky Cawor kemudian muncul ke permukaan dan mulai dikenal di sepak bola Indonesia setelah penampilan cemerlangnya di PON XX Papua 2021. Ia tercatat telah bergabung dengan Persipura Jayapura sejak Desember 2021.

Sementara ini, Ricky Cawor telah menorehkan 3 gol dari 15 pertandingan yang dilakoninya di musim 2021/2022.

Itulah profil biodata Ricky Cawor. Kiprahnya di Persipura diharapkan juga bisa melampaui sang legenda Boaz Solossa.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT