Real Madrid juara Liga Champions 2021/2022 usai kalahkan Liverpool 1-0 pada partai final di Stade de France, Minggu (29/2/2022) dini hari WIB. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)
Andhika Khoirul Huda

PARIS, iNews.id - Real Madrid juara Liga Champions 2021/2022 usai kalahkan Liverpool 1-0 pada partai final di Stade de France, Minggu (29/2/2022) dini hari WIB. Ini titel Si Kuping Besar ke-14 bagi Los Blancos.

Liverpool langsung menerapkan pressing ketat pada Madrid begitu pertandingan dimulai. Namun, Luka Modric dan kolega nampak sangat tenang menghadapinya meski beberapa kali terlihat panik di lini belakang.

Di sisi lain, pasukan Merseyside Merah juga masih kesulitan untuk mengembangkan permainan ketika memegang bola. Kondisi tersebut membuat pertandingan berjalan cukup alot tanpa satu pun peluang berarti tercipta dari kedua tim hingga 10 menit laga berjalan.

Akan tetapi setelah itu Liverpool mulai bisa memegang kendali permainan. Pada menit 15, mereka pun nyaris memecah kebuntuan lewat sontekan Mohamed Salah di muka gawang Madrid. Sayangnya, Thibaut Courtois masih bisa menjangkaunya.

Tak lama berselang, Thiago dan Salah melakukan percobaan tendangan dari jarak jauh. Namun peluang dari keduanya mengarah tepat ke pelukan Courtois.

Pada menit 20, gantian Sadio Mane yang menebar ancaman di lini pertahanan Los Blancos. Pemain asal Senegal itu melakukan skill individu yang sukses mengecoh Eder Militao dan kemudian melancarkan tendangan keras. Namun, lagi-lagi Courtois bisa menepis bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang sebelum kemudian membentur tiang.

Sesudah itu, The Reds masih terus menguasai jalannya pertandingan. Madrid hanya sesekali melawan dengan serangan balik yang masih belum menghasilkan peluang berbahaya.

Pada menit 33, Salah lagi-lagi mendapatkan kesempatan menjebol gawang Madrid. Namun, tandukannya yang menyambar umpan dari Arnold kembali jatuh dipelukan Courtois.

Enam menit jelang turun minum, Mane kembali melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti Los Blancos usai menerima operan mendatar dari Luis Diaz. Tetapi, Eder Militao dengan sigap mengahalau bola yang mengalir sangat deras tersebut.

Selalu tertekan, tiba-tiba Madrid mendapatkan peluang emas pada menit 42. Umpan jarak jauh David Alaba diterima dengan baik oleh Karim Benzema yang kemudian menciptakan kemelut di depan gawang Liverpool.

Benzema pun akhirnya sukses mencetak gol dengan tendangan mendatarnya. Namun sayang, wasit menganulir gol tersebut karena dia sudah berada di dalam posisi yang offside. Alhasil, babak pertama pun ditutup dengan skor imbang 0-0.

Memasuki awal babak kedua, pertandingan berlangsung cukup sengit. Kedua tim terlibat jual beli serangan dengan sama-sama mengandalkan kecepatan pemain sayap mereka.

Namun, Liverpool mendapatkan peluang berbahaya lebih dulu pada menit 58. Akan tetapi, umpan silang kencang yang dilesatkan Arnold dari sisi kanan pertahanan Madrid dipotong dengan sigap oleh Courtois.

Meski begitu, pada akhirnya Los Blancos lah yang sukses memecah kebuntuan pada menit 59. Serangan balik yang dibangun oleh Valverde dari sisi sayap kanan sukses dituntaskan dengan baik oleh Vinicius Junior yang menjebol gawang Alisson Bekker dengan sontekannya di mulut gawang Liverpool.

Tertinggal satu gol, The Reds pun meresponnya dengan cepat. Salah nyaris menyamakan kedudukan pada menit 63. Namun, Courtois bisa menghalau tendangan melengkungnya yang mengarah ke tiang jauh.

Tujuh menit kemudian, kiper asal Belgia itu kembali membuat penyelamatan gemilang. Lagi-lagi bola yang disepak Salah, yang sudah berdiri bebas di depan gawangnya, bisa ditepis dengan menggunakan kakinya.

Pada menit 73, Arnold melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola yang dilesatkannya masih melenceng jauh di sisi kiri gawang Madrid.

Setelah itu, pasukan Merseyside Merah terus membombardir lini belakang Los Blancos. Namun, kokohnya pertahanan yang dikawal David Alaba dan Eder Militao berkali-kali sukses mementahkan peluang mereka.

Bahkan pada menit 82, Salah berhasil menusuk ke kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Courtois. Akan tetapi, lagi-lagi mantan kiper Chelsea itu membuat penyelamatan fantastis dengan menepis tembakan eks AS Roma tersebut.

Pada menit-menit akhir pertandingan, The Reds terus berusaha mengejar ketertinggalan dengan mengepung pertahanan Madrid. Akan tetapi, hingga peluit panjang dibunyikan gol penyeimbang yang ditunggu tak kunjung datang. Alhasil, pertandingan ditutup dengan kemenangan 1-0 untuk Los Blancos.

Berikut adalah susunan pemain Liverpool vs Real Madrid:

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Thiago; Mohamed Salah, Sadio Mane, Luis Diaz.

Cadangan: Caoimhin Kelleher, Roberto Firmino, Joe Gomez, Curtis Jones, Diogo Jota, James Milner, Joel Matip, Harvey Elliott, Takumi Minamino, Kostas Tsimikas, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain.

REAL MADRID (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Cadangan: Andriy Lunin, Isco, Rodrygo, Eduardo Camavinga, Mariano, Marco Asensio, Eden Hazard, Marcelo, Gareth Bale, Lucas Vazquez, Dani Ceballos, Nacho.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT