Gol lemparan roket Pratama Arhan ke gawang Timor Leste bikin heboh dunia maya. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Ilham Sigit

JAKARTA, iNews.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki keyakinan Pratama Arhan akan bisa nyetel dan tampil gemilang di klub barunya, Tokyo Verdy. Dia pun tak khawatir dengan proses adaptasi yang mesti dilalui pemain 20 tahun tersebut.

Sebagaimana diketahui, Arhan kini menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang berkarier di Jepang. Performa apiknya membela Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020 membuatnya dipinang klub Liga Jepang kasta kedua, Tokyo Verdy.

Di Tokyo Verdy, Arhan dikontrak dengan durasi dua tahun. Pemain yang diboyong dari PSIS Semarang itu sudah menjalani interview dengan petinggi Verdy, serta diperkenalkan secara resmi beberapa waktu lalu.

Shin Tae-yong mengakui bahwa Arhan telah lama berdiskusi dengannya sebelum memutuskan pergi ke Negeri Sakura. Pria berusia 51 tahun itu pun yakin Arhan mampu beradaptasi dengan cepat di Tokyo.

Menurut Shin Tae-yong, Arhan merupakan pribadi yang sangat disiplin. Oleh sebab itu, Shin Tae-yong memprediksi bahwa Arhan cepat nyetel bersama Tokyo Verdy.

"Memang sebelum ke Tokyo, dia (Arhan) banyak diskusi sama saya, tapi menurut saya Arhan disiplin, dia pastinya bisa beradaptasi dengan baik di sana," kata Shin Tae-yong di Stadion Madya, Senayan, Rabu (2/3/2022).

Lebih lanjut, Shin Tae-yong berharap agar Arhan bisa meningkatkan permainannya di Jepang. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu yakin gaya sepak bola Jepang sangat cocok bagi Arhan untuk mengembangkan level permainannya.

"Memang di sana sangat detail sepak bolanya, jadi menurut saya, dia bisa belajar dengan baik dan memberikan contoh baik kepada pemain Indonesia, jadi saya percaya dia bisa terus fokus di sana," tutur sang pelatih.

Arhan berkesempatan kembali beraksi membela tim Merah Putih pada ajang SEA Games Vietnam 2021 Mei mendatang. Pasalnya, Shin Tae-yong ingin para pemain abroad ikut membela Timnas Indonesia di Hanoi.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT