Tokyo Verdy berniat mendatangkan lagi pemain Indonesia usai memperkenalkan Pratama Arhan sebagai penggawa barunya. Ini alasannya. (foto: Antara).
Ibnu Hariyanto

TOKYO, iNews.id- Tokyo Verdy berniat mendatangkan lagi pemain Indonesia usai memperkenalkan Pratama Arhan sebagai penggawa barunya. Ternyata, Tokyo Verdy menilai level sepak bola Indonesia sudah meningkat pesat.

Pratama Arhan didatangkan Tokyo Verdy dari PSIS Semarang. Perekrutan Arhan itu tak lepas dari penampilan impresif Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Indonesia tampil mengesankan dengan bermaterikan pemain muda. Indonesia bisa menembus partai final meski awalnya sempat di pandang sebelah mata.

Namun Indonesia harus mengakui kehebatan Thailand di final dengan agregat 2-6. Meski demikian, tak menghilang pandangan publik tentang penampilan impresif pasukan Shin Tae-yong itu.

Direktur Bisnis Tokyo Verdy Yuta Saito pun mengakui hal itu. Dia menilai perkembangan sepak bola Indonesia sangat cepat. Hal itu yang membuat Tokyo Verdy ingin mencari talenta-talenta baru setelah Pratama Arhan.

"Saya merasa bahwa level sepak bola di Indonesia telah meningkat pesat. Jadi kami meras ingin mencari kesempatan baru di Indonesia," kata Yuta Saito dalam tayangan video yang diunggah di akun Youtube J League International, dilihat Kamis (24/2/2022).

Tak hanya itu, dia menilai perkembangan ekonomi di Indonesia juga sangat menjanjikan di masa depan. Dia menyinggung sejumlah perusahan Indonesia yang menjelma sebagai unicron di dunia bisnis dunia.

"Jika bicara kematangan ekonomi Indonesia terus bermunculan perusahaan IT yang disebut Unicron terus meningkat di bagian seperti itu jika memikirkan perkembangan dan kematangan ke depan. saya rasa mereke memiliki pemikiran untuk melakukan gerakan baru," ujarnya.

Keinginan Tokyo Verdy mendatangkan pemain Indonesia lagi usai memboyong Arhan sebelumnya diunggkapkan Direktur Teknik, Kentaro Tsuboi. 

“Berawal dari melihat potensi Indonesia sebagai negara dan perkembangan ekonominya ke depan, saya sangat tertarik dengan seperti apa pemain Indonesia sekarang,” kata Kentaro.

Kentaro mengatakan mendatangkan pemain Asia Tenggara, khususnya Indonesia ke Jepang akan berdampak baik bagi perkembangan sepak bola Asia. Menurutnya, Liga Jepang harus mencontoh negara maju seperti Inggris, Spanyol dan Italia perihal mengumpulkan talenta-talenta berbakat dari seluruh penjuru benua. Hal itu yang perlu dicontoh Liga Jepang.

“Saya rasa dengan banyaknya pemain Asean di J-League, dapat menjadi pemicu untuk peningkatan level di seluruh Asia. Seperti Liga Inggris, Spanyol atau empat liga besar Eropa, pemain bagus akan berkumpul di sana, bukankah image-nya akan seperti itu?” ujarnya.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT