Timnas Indonesia rilis jersey kandang baru, Rabu (29/6/2022). Baju perang Pratama Arhan dan kawan-kawan terinspirasi dari kesuksesan SEA Games 1987. (Foto: PSSI)
Basudiwa Supraja

JAKARTA, iNews.id - Timnas Indonesia rilis jersey kandang baru, Rabu (29/6/2022). Baju perang Pratama Arhan dan kawan-kawan terinspirasi dari kesuksesan SEA Games 1987.

Di era itu Timnas Indonesia untuk kali pertama sukses meraih medali emas SEA Games. Skuad Garuda berhasil menaklukkan Malaysia dengan skor 1-0 dalam partai final.

Hal itu menjadi motivasi besar Timnas Indonesia untuk kembali meraih kejayaan di masa lampau itu. Desain baru ini menjadi harapan dan doa agar Skuad Garuda bisa jauh lebih baik.

"Membawa konsep “past and future” diharapkan seragam ini mampu mengangkat motivasi untuk kembali meraih kejayaan tatkala Timnas meraih medali emas pertama pada SEA Games 1987," tulis keterangan akun @millssportid di Instagram.

Dalam video yang dibagikan Mills, menayangkan dua generasi Timnas Indonesia berbeda. Generasi terkini diwakilkan oleh tiga penggawa muda yakin Marselino Ferdinan, Ronald Kwateh, dan Marcel Januar.

Kebetulan ketiganya merupakan pemain andalan Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Piala AFF U-19 2022 mulai akhir pekan ini. Sementara dalam video juga terdapat dua legenda Timnas Indonesia yakni Rully Nere dan ikon Persib Bandung Robbi Darwis.

View this post on Instagram

A post shared by PSSI (@pssi)

Sekadar informasi, lambang Garuda yang tertempel di jersey itu berlatar belakang hitam dengan desain yang simpel merupakan hal yang baru. Hal itu pun memiliki filosofi historis yang cukup panjang.

Masih dalam unggahan yang sama, dipilihnya warga emas terinspirasi oleh kejayaan Skuad Garuda pada saat meraih medali emas di SEA Games 1987. Pendar cahaya di belakang Logo Garuda juga diharapkan menjadi pemantik untuk lebih berprestasi di masa depan.

Logo baru itu juga dipadupadankan dengan aksen warna hitam dan emas yang elegan. Hal ini pun disambut baik oleh masyarakat di Tanah Air. Sementara pada Jersey terbaru memiliki kerah putih untuk menunjukkan kaos yang elegan.

Sejauh ini, Timnas Indonesia belum berhasil kembali meraih medali emas SEA Games. Momen terakhir Skuad Garuda menang di multi ajang tersebut terjadi pada 1991 silam.

Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 pun menumbuhkan harapan baru di hati para penggemar. Kini masyarakat Indonesia menantikan kejayaan itu terulang kembali.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT