Bek RB Leipzig, Dayot Upamecano (Foto: Internewscast)
Reynaldi Hermawan

LIVERPOOL, iNews.id – Liverpool harus segera mencari pengganti Virgil van Dijk yang menderita cedera parah. Legendaris The Reds Jamie Carragher menyarankan petinggi klub membeli bek RB Leipzig Dayot Upamecano pada bursa transfer Januari nanti.

Van Dijk mengalami kerusakan pada ligamen anterior usai bertabrakan dengan kiper Everton Jordan Pickford pada Derbi Merseyside di Premier League akhir pekan lalu. Defender Timnas Belanda itu diprediksi absen hingga akhir musim.

Kabar tersebut menjadi pukulan telak bagi Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengingat Van Dijk memiliki peran penting di lini pertahanan. Sang defender berjasa mengantarkan Klub Merseyside itu juara Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub musim 2018/2019.

Kemudian dia memainkan peran protagonis saat The Reds mengakhiri penantian 30 tahun untuk juara Premier League musim lalu.

Untuk itu Carragher berharap manajemen klub bisa segera memboyong bek baru untuk menggantikan peran Van Dijk.

“Dejan Lovren pergi akhir musim lalu dan Liverpool tidak mencari pengganti. Mereka kini hanya memiliki tiga bek tengah. Salah satu dari mereka, Joel Matip, sering cedera. Konsistensi Joe Gomez juga dipertanyakan. Jadi sudah waktunya bergerak di bursa transfer pada Januari,” kata Carragher dikutip dari Liverpool Echo, Selasa (20/10/2020).

“Ada seorang pemuda yang dibicarakan semua orang, Upamecano. Saya pikir dia hanya 6,1 atau 6,2 kaki. Dia memang tidak terlalu tinggi. Tapi jika Liverpool menginginkannya, sekarang saatnya bergerak maju. Keluarkan uang lebih pada 1 Januari. Itu berarti mereka melewati 11 pertandingan liga tanpa Van Dijk,” ucapnya.

Upamecano kini baru berusia 21 tahun, namun namanya disebut-sebut sebagai salah satu bek paling menjanjikan di masa depan. Pemuda asal Prancis itu membawa Leipzig lolos ke semifinal Liga Champions musim lalu.

Menurut laman Transfermarkt, Upamecano saat ini masih memiliki kontrak di Red Bull Arena sampai 2023 mendatang. Saat ini dirinya memiliki harga pasar 60 juta euro (Rp1 triliun).


Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT