Samsung mengisi posisi kedua dengan 6,8 juta unit, turun 10,5 persen per tahun. Sementara Huawei, berada di posisi ketiga dengan angka 2,8 juta unit yang tumbuh 95,4 persen dibanding Q4 2022.
Sedangkan di posisi keempat, Lenovo melihat pertumbuhan sehat 15 persen dengan pengiriman 2,6 juta unit. Di posisi kelima, Amazon berhasil mengirimkan 2 juta unit, mengalami penurunan tahunan sebesar 43,9 persen.
Analis percaya inovasi kunci untuk membalikkan nasib pasar tablet. Kieran Jessop dari Canalys menunjukkan, gap antara tablet dan perangkat komputer personal dalam hal fitur seperti integrasi AI pada perangkat.
Sedangkan Lenovo juga melihat pertumbuhan yang sehat sebesar 15 persen dengan 2,6 juta unit dikirimkan untuk mencapai posisi keempat. Amazon melengkapi lima besar dengan 2 juta unit terkirim tetapi mengalami penurunan tahunan sebesar 43,9 persen.