Prediksi Tren Kamera Smartphone di 2022 (Foto: Apple)
Dini Listiyani

JAKARTA, iNews.id - Tahun sudah berganti dan sudah banyak inovasi kamera smartphone yang terlihat di 2021. Di 2022, kamera smartphone tampaknya akan semakin berkembang ke arah lebih baik. 

Ada beberapa tren kamera smartphone potensial yang bisa terjadi di 2022. Salah satunya, kemungkinan ponsel Android kedatangan fitur menarik di iPhone saat ini, sehinngga membuat video lebih keren. 

Untuk lebih jelasnya, simak prediksi tren kamera smartphone di 2022 yang bisa Anda antisipasi. 

1. Kamera di bawah layar dapat peningkatan
Xiaomi Mix 4 dan Samsung Galaxy Z Fold 3 keduanya menawarkan penembak di bawah layar, sementara ZTE menghadirkan seri Axon 30 generasi kedua. Masalah dengan kamera ini adalah mereka sangat buruk dalam hal apa pun selain siang hari bolong. Dan bahkan di sini, perbedaan kualitas antara kamera ini dan penembak tradisional menghadap ke depan terlihat jelas. Kami juga mendapatkan kekaburan di area tampilan di atas kamera pada Galaxy Z Fold 3, jadi tidak sepenuhnya mulus.

Dikutip dari Android Authoritu, namun demikian, diharapkan kamera di bawah layar menjadi jauh lebih baik pada 2022. Karena beberapa produsen besar mulai menguasai teknologi pada 2021 dan tidak diragukan lagi meningkatkan perangkat keras dan algoritme untuk upaya generasi baru. Kami tidak akan bertaruh pada semua flagships utama yang memiliki fitur ini.

2. Cinematic Mode Hadir ke Android
Salah satu nilai jual besar dari seri iPhone 13 adalah Cinematic Mode, yang secara efektif merupakan mode video potret yang lebih cerdas. Tentu, video potret bukanlah hal baru, karena Huawei dan Samsung sudah menawarkan opsi ini. Tetapi Apple mengambil termasuk secara otomatis berfokus pada subjek ketika wajah mereka terdeteksi, melacak subjek, dan banyak lagi.

Diprediksi beberapa OEM Android akan menyalin pandangan Apple pada Cinematic Mode. Tetapi apakah semua orang akan memiliki Cinematic Mode pada 2023? Itu jauh dari jaminan.

3. Melihat RGBW Camera Lagi
Sensor kamera RGBW datang ke smartphone pada 2015 ketika Huawei meluncurkan P8. Oppo juga menindaklanjuti dengan ponsel yang mengandung sensor ini pada 2015 dan 2018. Sensor kamera konvensional memiliki filter warna yang mengandung subpiksel merah, hijau, dan biru. Tetapi sensor RGBW menambahkan subpiksel putih ke dalam campuran, menjanjikan asupan cahaya yang lebih baik dan lebih sedikit noise.

Sepertinya teknologi ini dapat dihidupkan kembali pada 2022, karena Oppo dan Vivo telah mengumumkan sensor kamera RGBW mereka sendiri untuk perangkat masa depan. 

4. Kembalinya penghapusan objek
Seri Pixel 6 Google juga menghadirkan sejumlah fitur kamera yang menarik seperti mode  Magic Eraser. Google bergabung dengan Samsung dan Huawei dalam menawarkan mode penghapusan objek, memungkinkan Anda untuk menghapus photobombers atau item tertentu dalam sebuah adegan. Anehnya, Google sebenarnya pertama kali mendemonstrasikan fitur ini pada tahun 2015, jadi sudah lama sekali.

Ini adalah taruhan yang layak bahwa keputusan Google untuk memasukkan fitur ini dapat mendorong perusahaan seperti Xiaomi, Oppo, dan OnePlus untuk menerapkan mode penghapus objek mereka sendiri pada 2022. 


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT