Kepercayaan ini berujung pada tindakan nyata. Niat beli dari penonton YouTube di Asia Tenggara nyaris empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan media sosial lain. Ini menjadikan YouTube bukan hanya tempat hiburan, tapi juga pusat belanja digital masa kini.
“Karakteristik utama YouTube di Asia Tenggara adalah kepercayaan dan kredibilitas yang telah dibangun kreator dengan audiens mereka. Pengguna 98 persen lebih mungkin untuk percaya rekomendasi kreator di YouTube dibandingkan dengan rekomendasi di situs atau aplikasi sosial lainnya,” kata Sapna.
Tidak berhenti di ponsel, YouTube juga mendominasi layar televisi. Lebih dari 79 juta orang di Asia Tenggara kini menonton YouTube melalui Connected TV, menikmati konten Shorts, podcast, hingga live streaming dengan kualitas tinggi.
Melibatkan ribuan kreator, YouTube bukan sekadar platform. Mereka kini menjadi mesin penggerak ekonomi digital baru. Kreator, brand, dan penonton menyatu dalam ekosistem.