Kemungkinan pertama—masalah dengan ISP Anda—bukanlah sesuatu yang dapat Anda perbaiki. Jika Anda tahu salah satu tetangga Anda memiliki penyedia layanan yang sama, Anda dapat menanyakan apakah mereka juga mengalami pemadaman. Jika ya, Anda harus menunggu sampai masalahnya diperbaiki.
1. Restart
Modem dan router, seperti semua komputer, mampu mengalami gangguan. Mulai ulang modem dan router Anda dengan mencabutnya selama minimal 30 detik. Jika Anda ingin benar-benar yakin, cabut kabelnya selama beberapa menit, lalu sambungkan kembali.
2. Cek Kabel dan Koneksi
Jaringan Ethernet, koaksial (coax), atau serat optik yang rusak juga dapat menyebabkan kesalahan "Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau", meskipun mungkin terbukti internet Anda benar-benar terputus. Buka modem, router, atau unit gabungan Anda dan periksa kabel secara visual dan dengan tangan Anda.
3. Reset Pabrik Modem dan Router Anda
Jika memulai ulang modem dan router Anda tidak memperbaiki masalah, dan Anda tidak dapat menemukan masalah fisik apa pun, hal terakhir yang dapat Anda coba adalah reset pabrik sepenuhnya.
Menyetel ulang modem dan router Anda ke pengaturan pabrik mungkin akan memperbaiki bug perangkat lunak apa pun yang mungkin menyebabkan masalah koneksi, tetapi itu juga akan menghapus semua pengaturan pribadi yang Anda miliki, seperti nama dan kata sandi jaringan Wi-Fi.