Cara Yudist Ardhana Optimalkan YouTube Shopping Affiliates, Satukan Hiburan dan Bisnis

Rizqa Leony Putri
Kreator YouTube Yudist Ardhana mengintegrasikan link afiliasi produk Shopee langsung ke dalam konten videonya. (Foto: istimewa)

"Terutama jika produk yang ingin dibeli, sudah di-review/dikonsumsi oleh kreator favoritnya. Tentunya, program ini juga membuka jalan baru bagi kreator untuk menghasilkan pendapatan tambahan dari komisi yang dihasilkan," ujarnya.

Transisi ke Dunia YouTube Shopping Affiliate: Strategi Yudist untuk Berkembang

Salah satu strategi utama Yudist dalam YouTube Shopping Affiliates adalah dengan selalu mengetahui siapa audiensnya dan apa yang mereka butuhkan.

Dengan pendekatan yang autentik, Yudist merekomendasikan produk-produk yang relevan dengan konten dan kebutuhannya. Mulai dari perlengkapan rumah tangga, elektronik, gadget, barang unik, hingga kebutuhan kreator, lewat konten yang dikemas dengan pendekatan personal dan tidak kaku.

"Melalui program YouTube Shopping Affiliates, kami memiliki kesempatan untuk memperluas jangkauan dan menjalin koneksi dengan beragam pihak, mulai dari pelaku usaha lokal, UMKM hingga brand-brand besar. Kami juga merasa terbantu, dengan ragam pilihan produk dari berbagai kategori yang disediakan Shopee. Kami sebagai konten kreator memiliki kebebasan untuk memilih dan menyajikan rekomendasi produk terbaik bagi audiens," katanya.

Meskipun baru bergabung dalam beberapa bulan, Yudist telah merasakan dampak positif yang menjanjikan dari YouTube Shopping Affiliates. Pendapatan dari integrasi link produk Shopee di video-video YouTube miliknya, baik di video lama maupun baru, mulai menunjukkan hasil yang signifikan. Tambahan komisi dari fitur ini menjadi motivasi besar bagi Yudist untuk terus mendalami potensinya.

“Berbeda dengan konten hiburan yang hanya mengukur jumlah penonton, di YouTube Shopping Affiliates saya juga mulai mempelajari mengenai konversi penjualan. Ini tantangan baru yang membuat saya termotivasi untuk mempelajari skill marketing, sales, dan komunikasi jualan secara soft-selling yang dikemas dengan kreatif,” katanya.

Bagi Yudist, kunci untuk meraih kesuksesan adalah kreativitas, relevansi, dan konsistensi. Kombinasi ketiganya menjadi elemen penting dalam menciptakan konten yang tidak hanya menarik untuk hiburan, tetapi juga efektif untuk promosi. Berikut beberapa tips mengoptimalkan peluang melalui konten video menarik dari Yudist yang bisa menjadi inspirasi:

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Music
13 jam lalu

Soundrenaline 2025 Siap Guncang Lima Kota, Gerakan Kolektif Musik dan Kreativitas 

Bisnis
1 hari lalu

Peringati HLN ke-80, PLN Sambungkan Listrik Gratis bagi 171 Warga Tulungagung

Bisnis
1 hari lalu

Sambut Terang Baru di HLN ke-80, Warga Karangasem Demak Penuh Senyum

Bisnis
15 jam lalu

Perkuat Inovasi Digital, Bank Mandiri Raih 8 Penghargaan Internasional

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal