Dia menjelaskan manfaat utama penggunaan alat-alat otomasi adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan mengotomatiskan tugas-tugas rutin, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan akurat. Inii tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga mengurangi risiko terjadinya human error.
Irfan menyebutkan, salah satu alat otomasi yang dikembangkan perusahaan adalah Customer Web Self Care, Ultimate Lintasarta Ticketing, Monitoring and Automation (Ultima).
"Ultima adalah layanan portal after sales berbasis mobile atau web untuk customer dan internal Lintasarta. Sistem ini dapat melakukan monitoring layanan (traffic, usage, SLA), tiket aduan secara self-service, dan proses otomasi (preventive maintenance, ticketing management). Dengan menggunakan Ultima, dapat meningkatkan kualitas layanan operasional dengan lebih fokus pada kebijakan Customer Key Account Management," ujarnya.
Dia mengatakan alat otomasi lainnya yang dikembangkan perusahaan adalah Managed Service IT Operation. Ini memungkinkan perusahaan mendelegasikan operasi IT-nya ke penyedia layanan yang sudah berpengalaman dalam menerapkan best practice dalam operasi IT. Penyedia layanan ini dapat mengambil alih sebagian atau bahkan keseluruhan operasi IT perusahaan dengan pengawasan dari manusia, sesuai kesepakatan dan kebutuhan.
"Keterampilan dalam menggunakan alat-alat otomasi adalah aset yang sangat berharga. Perusahaan dan individu yang mampu mengadopsi serta memanfaatkannya dengan baik memiliki keunggulan kompetitif untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang. Meski begitu, peran manusia tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh mesin atau alat otomasi. Peran manusia menjadi controller utama mengatur alat-alat ini dapat bekerja sesuai harapan," kata Irfan.