Viral Ghozali Everyday Jual Foto Selfie, Sandiaga Uno: Kini Dunia Sudah Mulai Berubah  (Foto: Pixabay)
Intan Rakhmayanti Dewi

JAKARTA, iNews.id - Pemuda bernama Ghozali menjadi perbincangan di media sosial, khususnya Twitter. Namanya mencuat lantaran dirinya menjual foto selfie dalam bentuk non-fungible token (NFT) di OpenSea. 

Tak main-main, tercatat, hingga hari ini, Kamis (13/1), akun miliknya di Opensea, Ghozali Everyday, mampu untuk menaikkan volume perdagangannya sebesar 280 ETH atau sekitar Rp 13,3 miliar.

Fenomena ini rupanya menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno. Melalui unggahan Instagram pribadinya @Sandiuno, dia menuliskan "Dapat cuan dari foto selfie? bisa banget!".

Kemudian dia mengatakan, sadar atau tidak, dunia sudah mulai berubah. Dan kini platform digital seperti NFT bisa menghasilkan banyak uang. Di sisi lain bahkan bisa menciptakan lapangan kerja dan berpotensi membangkitkan ekonomi.

"Sadar atau tidak, dunia sudah mulai berubah. Kini, platform digital seperti NFT bisa menghasilkan banyak uang, mampu menciptakan lapangan kerja dan berpotensi membangkitkan ekonomi," tulis Sandi di akun Instagramnya. 

Seperti misalnya Ghazali, seorang mahasiswa yang iseng menjual 933 foto Selfie  selama 5 tahun sejak berusia 18-22 tahun dengan pose yang sama di salah satu platform digital. 

Dari yang awalnya per foto dia menjual seharga 45.000, saat ini dihargai belasan juta rupiah bahkan ada satu foto yang dihargai 95 juta, dengan total valuasi NFT-nya bernilai lebih dari 13 miliar rupiah. 'Luar Biasa! Ada yang terinspirasi?," ujarnya. 


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT