Cara Jual NFT di OpenSea (Foto: Unsplash)
Dini Listiyani

JAKARTA, iNews.id - Pemuda asal Indonesia bernama Ghozali viral di media sosial. Dia berhasil menjual foto selfie lewat platform NFT, OpenSea dan laku terjual hingga puluhan juta rupiah.

NFT pada dasarnya adalah aset digital satu-satunya yang dimiliki pengguna. NFT sebagian besar menggunakan blockchain ethereum untuk merekam transaksi secara digital. Nantinya uang digital itu bisa ditukarkan dengan tunai. 

Untuk diketahui di luar sana sudah banyak layanan NFT yang tersedia. Salah satu layanan yang terbesar dan terbaik NFT saat ini adalah OpenSea. Dari cryptokitties hingga karya seni hingga nama domain, tidak ada batasan untuk aset digital yang dapat Anda beli dan jual di platform ini. 

Anda bisa meluangkan waktu untuk mengetahui cara kerja OpenSea dan membeli atau membuat NFT pertama. Pertanyaan selanjutnya yang secara alami muncu, bagaimana cara menjual NFT di OpenSea seperti pemilik akun Ghozali Everyday yang tengah viral itu?

Cara Jual NFT di OpenSea

Jika Anda di sini untuk menjual di OpenSea, Anda harus mempunyai akun terdaftar terlebih dulu. Jika tidak punya akun, Anda harus tahu hanya pengguna terdaftar dengan dompet terkonfigurasi yang dapat menjual NFT. Jika Anda ingin flip NFT yang Anda beli atau jual yang Anda buat, melakukannya di OpenSea relatif mudah:

1. Arahkan ke OpenSea.io dan masuk ke akun Anda.

2. Klik gambar profil Anda di kanan atas.

3. Pergi ke Profile

4. Pilih NFT yang ingin Anda jual dari dompet Anda.

5. Select Sell untuk dialihkan ke halaman daftar

6. Pilih jenis dan harga obral. Anda dapat menetapkan harga tetap atau lelang. Dengan lelang, masukkan harga awal, waktu kedaluwarsa, dan ambang harga. Adapun durasi, penjualan bisa berlangsung selama satu hari, tiga hari, atau seminggu.

7. Setelah semuanya beres, klik "Selesaikan Daftar."

8. Untuk daftar pertama, Anda harus menginisialisasi dompet Anda. Itu berarti Anda harus menyelesaikan dua transaksi satu kali. Yang pertama adalah menginisialisasi akun Anda untuk penjualan, dan yang lainnya adalah memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan berlangsung.

9. Setelah membayar biaya, konfirmasikan detailnya dan posting item di pasar. Gunakan tab “Aktivitas” di sisi kiri untuk melihat NFT yang Anda siapkan untuk dijual 

OpenSea: Biaya untuk Menjual
Seperti yang disebutkan sebelumnya, OpenSea mengharuskan semua penjual pertama kali membayar dua biaya sebelum melakukan penjualan pertama. Perhatikan harga untuk kedua biaya ini tidak tetap, dan jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, Anda dapat menurunkannya sebanyak mungkin. Tapi bagaimana caranya?

Pertama, biaya dibayarkan dalam Eter. Ini berarti harganya tergantung pada nilai kripto dibandingkan dengan satu dolar atau apa pun mata uang lokal Anda. Sama seperti pencetakan, kedua biaya tersebut adalah transaksi di blockchain Ethereum, sebagaimana dikutip dari Alphr. 

Karena itu, mereka membutuhkan kekuatan pemrosesan untuk menyelesaikannya. Untuk mengimbangi energi yang dibutuhkan untuk memproses transaksi ini, Anda harus membayar biaya.


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT