JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan di sejumlah sektor utama di Indonesia. Perubahan itu diketahui berdasarkan pencarian Google.
Diungkapkan Google melalui laporan Year In Search 2020, selama periode satu tahun dari November 2019 - Oktober 2020, perubahan pencarian di Google antara lain terkait perawatan kecantikan dan tubuh. Seiring adaptasi rutinitas kecantikan di masanew normal, hal yang dicari pengguna di internet juga ikut berkembang.
"Penelusuran “cara mewarnai rambut sendiri” naik 95 persen dan “cara menghilangkan gigi hitam” naik 30 persen,” kata Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing Google Indonesia, saat konferensi pers Year In Search 2020.
Kemudian perubahan juga terjadi di keuangan, karena semakin banyak orang Indonesia yang meningkatkan pengetahuannya di bidang keuangan untuk mempersiapkan masa depan.
Adapun penelusuran terkait “reksadana” naik 210 persen, “tips menabung” naik 140 persen, “dana darurat” naik 140 persen, dan “beli emas online” naik 85 persen.
Sektor makanan dan minuman juga mengalami peningkatan. Pandemi Covid-19 telah membuat konsumen untuk tetap di rumah saja dan memesan makanan atau minuman dari rumah. Sehingga penelusuran “pesan antar” menurut Google naik 35 persen.
Selain itu, media dan hiburan ikut meningkat, karena semakin banyak konsumen yang beralih ke internet untuk mencari informasi dan hiburan. Alhasil, penelusuran “gaming” naik 210 persen, “olahraga” naik 200 persen, dan ”musik” naik 240 persen.
Lebih lanjut, Muriel memaparkan, sektor belanja juga meningkat karena orang Indonesia menghindari pergi ke supermarket dan lebih memilih belanja daring.
"Penelusuran untuk “produk segar” naik 90 persen, “deterjen” naik 26 persen, dan “ergonomis” naik 155 persen,” imbuhnya.
Sektor teknologi juga tak mau ketinggalan. Orang-orang saat ini semakin mengandalkan teknologi untuk menangani berbagai aspek kehidupan sehari-hari, yang membuat penelusuran untuk “robot vacuum” naik 80 persen, “webcam” naik 40 persen, dan “air purifier” naik 45 persen.
Terakhir, sektor transportasi dan pariwisata juga meningkat. Para wisatawan hanya bepergian ke tempat wisata yang dekat dari rumah, tapi juga tetap menginginkan pengalaman baru dengan menelusuri kata kunci “tiket wahana terdekat” yang naik 90 persen.