XIaomi bikin robot humanoid (Foto: Xiaomi)
Dini Listiyani

JAKARTA, iNews.id - Xiaomi baru saja mengalahkan Tesla dengan meluncurkan prototype robot humanoid yang berfungsi. Dijuluki Xiaomi CyberOne, robot diberikan tanda zodiak Leo. 

CyberOne memiliki tinggi 177 cm, berat 52kg, dan mendapat julukan Metal Bro. Setelah berjalan ke tengah panggung, CyberOne member CEO Xiaomi Lei Jun bunga sebelum dengan sopan menerima selfie dengan Jun.  

Menariknya, bot itu bisa keluar panggung tanpa drama apa pun. CyberOne adalah produk kedua yang keluar dari Robotics Lab, usai CyberDog pada Augustus 2021.  

Mesin humanoid baru Xiaomi memiliki wajah berupa panel OLED melengkung, dapat melihat dunia dalam 3D, dan mendengar dengan dua mikrofon untuk mengidentifikasi 85 jenis suara lingkungan dan 42 klasifikasi emosi manusia.  

Tubuhnya memiliki total 21 derajat kebabasan yang terdiri atas 13 sendi, dengan masing-masing derajat kebebasan mampu merespons dalam 0,5ms. Akuator ekstremitas atasnya memiliki torsi keluaran hingga 30Nm, dan dapat beroperasi dengan presisi hingga 1 Nm untuk sentuhan lembut, sebagaimana dikutip dari Engadget.  

Di bawah, kakinya ditenagai akuator dengan torsi puncak seketika hingga 300Nm. Tapi, tentu saha CyberOne tidak segesit Atlas Boston Dynamics. Terlepas dari demo, Jun mengatakan untuk saat ini setiap CyberOne akan dibanderol 89,100 dolar AS hingga 104,000 dolar AS.  

Hingga saat ini Xiaomi akan terus menambah kemampuan baru ke robot humanoid pertamanya. "Dengan AI sebagai intinya dan bingkai humanoid ukuran penuh sebagai wadahnya, ini adalah eksplorasi kemungkinan ekosistem teknologi masa depan Xiaomi dan terobosan baru bagi perusahaan," ujarnya.  


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT