JAKARTA, iNews.id - YouTube telah bereksperimen dengan berbagai format iklan selama bertahun-tahun, termasuk iklan yang tidak dapat di-skip. Terbaru, platform berbagi video ini bereksperimen dengan tombol baru untuk skip iklan dan sekarang diterapkan secara luas.
Seperti yang dilaporkan pada Agustus, YouTube mulai menguji tombol Skip Ads yang lebih kecil untuk iklan. Tombol berbentuk pil yang baru berukuran sekira dua pertiga dari ukuran tombol persegi panjang.
Namun, menurut laporan Android Police, penempatan tombol baru tetap tidak berubah dari yang lama, muncul pada posisi yang sama seperti sebelumnya dan tetap mempertahankan transparasi, sebagaimana dikutip dari Phone Arena.
Tombol Skip yang didesain ulang diluncurkan di beberapa perangkat pada berbagai wilayah, termasuk web dan seluler. Meskipun beberapa pengguna mungkin lebih menyukai tombol persegi panjang yang lebih besar dan menonjol, tombol yang lebih kecil tidak terlalu buruk jika mempertimbangkan alternatif untuk memiliki serangkaian iklan yang tidak dapat dilewati.
Eksperimen berkelanjutan YouTube dengan format iklan menyoroti keseimbangan antara pendapatan iklan dan kepuasan pengguna. Meskipun platform ini mengandalkan iklan untuk mendukung operasinya dan memberikan kompensasi kepada pembuat konten, platform ini juga perlu mempertahankan pengalaman yang ramah pengguna.
Tombol Skip Ads yang lebih kecil menunjukkan, YouTube berupaya menemukan keseimbangan ini sekaligus menawarkan pengalaman tanpa iklan bagi pengguna Premiumnya.