Bunyi Duk-Duk di Rel Kereta: Celah Kecil yang Menjaga Keselamatan Besar 

Komaruddin Bagja
Bunyi Duk-Duk di Rel Kereta: Celah Kecil yang Menjaga Keselamatan Besar 

Untuk jalur-jalur strategis dan padat, KAI kini banyak menggunakan rel jenis continuous welded rail (CWR), yang disambung tanpa celah. Namun, rel jenis ini memerlukan sistem penanganan ekspansi termal yang lebih kompleks, seperti rail anchor dan ballast retention.

“Kami ingin masyarakat memahami bahwa suara sambungan rel dan keberadaan celah adalah bagian dari sistem yang aman dan sudah sesuai standar internasional,” ujar Ixfan. “Ini adalah bagian dari komitmen KAI untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api.”

Melalui edukasi seperti ini, KAI berharap masyarakat semakin mengapresiasi aspek teknis dari operasional perkeretaapian—termasuk bunyi duk-duk yang ternyata punya peran penting dalam menjaga keamanan perjalanan.

Editor : Komaruddin Bagja
Artikel Terkait
Megapolitan
11 jam lalu

Cuti Bersama Natal 2025, 46.846 Penumpang Tinggalkan Jakarta Naik Kereta Api

Megapolitan
18 jam lalu

Tiket Kereta dari Jakarta Masih Tersedia hingga awal Januari 2026, Awas Kehabisan!

Nasional
19 jam lalu

Hore! Tiket Kereta Api dari Jakarta Masih Tersedia di Masa Nataru, Cek Jadwalnya

Nasional
23 jam lalu

Usai Hari Natal, 27.000 Lebih Penumpang Naik Kereta Api dari Gambir dan Senen

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal