JAKARTA, iNews.id - Ramadan merupakan bulan yang disambut dengan antusiasme tinggi. Berbagai momentum spesial dinanti, mulai dari menjalankan ibadah, kegiatan ngabuburit, berbuka puasa, sahur, hingga persiapan menyambut Hari Raya Idulfitri.
Pada periode ini, masyarakat juga cenderung lebih konsumtif, khususnya karena kebutuhan yang meningkat secara signifikan. Tidak hanya itu, pengeluaran tambahan lainnya, seperti pembagian THR, bersedekah, hingga biaya mudik juga harus diperhitungkan dan disiapkan sebelumnya agar pengeluaran dapat tetap terjaga.
Salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah pengeluaran yang besar, bahkan kerap terjadi pembengkakan. Melihat hal ini, Shopee menghadirkan acara BincangShopee Big Ramadan Sale: Lihat Peluang, Pintar Atur Keuangan yang dihadiri oleh Dwi Handayani (Influencer/Shopee Affiliate), Annisa Steviani (Certified Financial Planner), dan Daniel Minardi (Head of Brands Management and Digital Product Shopee Indonesia).
Acara yang menjadi bagian dari kemeriahan kampanye Big Ramadan Sale ini, bertujuan untuk membahas serba serbi alokasi keuangan selama bulan Ramadan yang tepat dan efektif.
Head of Brands Management and Digital Product Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan, antusiasme masyarakat dalam mempersiapkan kebutuhan selama bulan puasa menjadikan salah satu faktor mengapa periode Ramadan memiliki aktivitas yang tinggi.
“Tingginya antusiasme masyarakat mempersiapkan kebutuhan selama bulan puasa hingga momen kebersamaan dengan keluarga saat Hari Raya Idulfitri, menjadi salah satu faktor mengapa periode Ramadan memiliki aktivitas belanja yang tinggi. Sehingga, tidak hanya alokasi persebaran pengeluaran yang tepat, tetapi mengatur strategi dalam pemenuhan kebutuhan dengan memanfaatkan program, serta inovasi yang dihadirkan juga menjadi elemen penting dalam perencanaan keuangan saat Ramadan," ujar Daniel
Dia melanjutkan, Shopee membantu pengguna memenuhi kebutuhannya dengan menghadirkan berbagai promo menarik selama kampanye Big Ramadan Sale.
"Di Shopee, semua yang kami lakukan didasari oleh komitmen untuk membantu pengguna memenuhi segala preferensi kebutuhan. Kami berharap promo menarik yang dihadirkan selama kampanye Big Ramadan Sale berlangsung dapat memberikan keuntungan bagi pengguna saat memenuhi kebutuhan, serta melalui Shopee Affiliate Program, pengguna diharapkan dapat memanfaatkan peluang mendapatkan penghasilan tambahan khususnya di tengah tingginya animo belanja masyarakat pada periode ini,” tuturnya.
Menjaga kondisi keuangan agar tetap terkendali merupakan hal yang penting bagi setiap individu, tidak terkecuali pada bulan Ramadan. Certified Financial Planner Annisa Steviani mengatakan bahwa senang dapat berbagi dalam acara BincangShopee yang mengangkat tema perencanaan keuangan di bulan Ramadan.
“Saya senang dapat berbagi dalam acara BincangShopee yang mengangkat tema perencanaan keuangan di bulan Ramadan. Salah satu tantangan di tengah antusiasme menjelang bulan Ramadan, adalah hilangnya pertahanan diri berbelanja kebutuhan," ucapnya.
Annisa juga menuturkan, mengelola keuangan secara tepat perlu dilakukan dengan perencanaan yang matang
"Namun, di saat yang sama, melupakan nominal pemasukan pada periode tersebut tetap sama. Hal ini berakhir boncos. Untuk menghindari hal tersebut, mengelola keuangan secara tepat perlu dilakukan dengan perencanaan yang matang. Sehingga, tidak hanya mengetahui persebaran persentase alokasi, kita juga dapat mengatur strategi dengan memanfaatkan promo ataupun peluang yang dihadirkan Shopee melalui kampanye Big Ramadan Sale ini,” ujarnya.
Berikut Serba Serbi Alokasi Keuangan "Anti Boncos Ramadan dan Lebaran" ala Annisa Steviani: