JAKARTA, iNews.id - Di era transformasi digital, pelaku kreatif memiliki peluang besar untuk mengembangkan usaha hingga go internasional. Tentunya, ada syarat yang harus dilakukan oleh para pelaku kreatif, salah satunya menguasai kecakapan digital.
Perilaku masyarakat di era sekarang yang serba digital menuntut transaksi jual beli tak lagi dilakukan secara offline, tetapi dilakukan pula secara online. Berjualan secara online memiliki sejumlah kelebihan, seperti jangkauan pelanggan yang lebih
luas dan transaksi lebih mudah serba praktis.
Penguasaan kecakapan digital bagi pelaku kreatif menjadi penting agar bisnis online bisa berjalan lancar.
Dalam paparannya, Dosen Universitas Bali Internasional Komang Tri Werthi memaparkan, sebelum berjualan secara online, sebaiknya dipastikan terlebih dahulu sumber daya yang dimiliki, mengenai jenis barang atau jasa yang hendak diperjualbelikan, identifikasi di lingkungan sekitar atau di masyarakat
mengenai hal apa yang paling mereka butuhkan. Selanjutnya adalah menentukan pangsa pasar dan targetnya.
“Berikutnya adalah tentang memilih platform yang hendak digunakan untuk berjualan secara online. Lakukan promosi, branding, dan buatlah konten promosi yang menarik konsumen. Jangan lupa untuk senantiasa menganalisis dan mengevaluasi produk,” ujar Komang melalui keterangannya belum lama ini.
Terkait apakah berbisnis online sebaiknya mengikuti tren atau menuruti idealisme, lanjut Komang, semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apabila berbisnis mengikuti tren, tingkat orisinalitas rendah dan keberlanjutan bisnis bergantung pada tren.