JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 membuat banyak ritel terpukul. Namun, tidak demikian dengan ritel berbasis online. Pembatasan sosial seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 menjadi pendorong utama masyarakat memanfaatkan platform online mulai dari transportasi, logistik hingga belanja online.
PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), pengelola pusat belanja ritel dan grosir mencatat pertumbuhan penjualan dua kali lipat melalui platform online di masa pandemi Covid-19.
Corporate Secretary MPPA Danny Kojongian mengungkapkan, penjualan online meningkat drastis, khususnya satu minggu terakhir mencapai 8 persen dari total penjualan. “Pada minggu terakhir Juni mencapai 10 persen. Angka tersebut meningkat signifikan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yakni 5 persen atas penjualan online,” ujarnya, dalam keterangan pers, Rabu (30/6/2021).
Dia menyebutkan untuk Hypermart belanja melalui platform online terus meningkat. “Penjualan online melalui platform Tokopedia memberikan kinerja yang sangat baik, kami telah mencapai lebih dari 1.600 order penjualan dalam beberapa hari terakhir dengan tertinggi 1.900 order penjualan dalam satu hari,” kata Danny.
Untuk menggenjot penjualan di platform online, lanjut dia, Hypermart dalam tahap integrasi penjualan online melalui platform GoMart. “Sudah ada 30 store yang terintegrasi. Ke depan akan ada sekitar 76 store kami yang akan terintegrasi dengan GoMart,” ujarnya.