Live Streaming 12 Jam di Shopee Live, Raffi Ahmad Raup Omzet Penjualan hingga Rp7 Miliar

Sekar Paring Gusti
Raffi Ahmad pecahkan rekor raup omzet penjualan hingga Rp7 miliar karena melakukan live streaming 12 jam nonstop di Shopee Live.

Diluar dari prestasi Raffi yang luar biasa, pencapaian rekor ini juga dipengaruhi oleh faktor kuat dari fitur yang digunakan, yakni Shopee Live. Shopee Live merupakan fitur live streaming yang dapat ditemukan melalui aplikasi Shopee. Sesuai dengan data SimilarWeb, Shopee masih menduduki posisi pertama sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung tertinggi selama Mei 2023 dengan 161 juta pengunjung, disusul Tokopedia yang meraih 106 juta pengunjung, dan Lazada 70 juta pengunjung. 

Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bahwa Shopee masih menempati posisi pertama pada peta persaingan e-commerce saat ini. Hal ini terbukti dari hasil riset Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023 dari Snapcart yang dipublikasikan Maret 2023, di mana terdapat beberapa indikator yang dapat memberikan gambaran mengenai kondisi pasar e-commerce pada awal 2023.

Riset tersebut mengungkap bahwa, berdasarkan indikator Brand Use Most Often (BUMO) atau merek yang paling sering digunakan, 61 persen responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (22 persen), TikTok Shop (9 persen) dan Lazada (7 persen). Hal tersebut didukung dengan hasil pada indikator merek yang paling pertama diingat atau Top Of Mind, Shopee unggul di peringkat pertama dengan angka 70 persen, diikuti oleh Tokopedia (22 persen), Lazada (5 persen), dan TikTok Shop (2 persen). Data tersebut, dapat mengungkap realita situasi pasar pada awal 2023.

Mengutip dari laporan Momentum Works bertajuk "E-Commerce Southeast Asia 2023", secara nilai transaksi bruto per e-commerce selama tahun lalu, Shopee masih jauh memimpin. 

Lalu bagaimana dengan situasi pasar live shopping saat ini, apakah ada perbedaan? Cara belanja yang sedang menarik antusiasme masyarakat adalah live shopping, khususnya karena interaksi yang ditawarkan. Saat ini, para pemain e-commerce pun berlomba-lomba berinovasi dan berinvestasi pada area tersebut. 

Melalui laporan teranyar dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang menilik perilaku dan sikap pengguna fitur live streaming, disimpulkan bahwa Shopee Live merupakan platform yang paling sering digunakan untuk belanja online. 

Di mana, 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya. Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden. 

Melalui riset yang sama, diketahui bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85 persen), kecantikan, perawatan dan kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari/FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), serta ibu dan anak/kebutuhan bayi (16 persen).

Guna melengkapi temuan tingginya animo pengguna fitur live shopping untuk membeli produk fashion dan kecantikan, Populix pun menemukan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori fashion dan kecantikan. Pada kategori Fashion, Shopee Live digunakan oleh 79 persen responden.

Sama halnya untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, lebih tinggi jauh di atas e-commerce lain. Hal ini sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai, di mana Shopee Live menjadi pilihan utama responden (66 persen).

Pencapaian memecahkan rekor omzet penjualan di spesial sesi Live Bareng Toko Papa Raffi selama 12 Jam nonstop pada puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale kembali menjadi bukti kesuksesan dari kerja sama antara Shopee dan Raffi Ahmad untuk kesekian kalinya.

Berkobarnya semangat promo masih berlanjut di Shopee. Nikmati belanja di Shopee Live, semua diskon 50 persen dan paling murah di Shopee. Pengguna dapat menemukan berbagai kebutuhan saat berbelanja di Shopee Live sambil menikmati pengalaman belanja yang mudah dan interaktif, tentunya dapatkan banyak promo untuk semua barang mulai jam 8 malam setiap harinya.

Inovasi yang tidak pernah main-main dan bombastis terus dihadirkan oleh Shopee, khususnya melalui fitur live streaming Shopee Live pada kategori Fashion dan Kecantikan. Akan ada keseruan apa lagi, ya? Tunggu kejutan lainnya!

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Bisnis
15 jam lalu

TASPEN Perkuat Visi Misi, Wujudkan Perusahaan Unggul dan Berkelanjutan 

Nasional
2 hari lalu

Cegah Sertifikat Ganda, Menteri Nusron Imbau Masyarakat Mutakhirkan Data

Bisnis
4 hari lalu

BNI Shopping Race Tahap 3 Digelar di 13 Kota Besar, Dorong Literasi dan Transaksi Digital

Nasional
4 hari lalu

Kementerian ATR/BPN Perkuat Pencegahan Korupsi dalam Layanan Pertanahan dan Tata Ruang

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal