JAKARTA, iNews.id - Menjelang Lebaran, biasanya akan terjadi peningkatan penjualan pakaian, makanan khas Lebaran, serta barang-barang kebutuhan rumah tangga untuk persiapan mudik dan perayaan. Kebutuhan ini menjadi tren belanja yang terjadi setiap tahun.
Masyarakat mulai mempersiapkan produk kesehatan dan kecantikan dalam menyambut Ramadan, pernak-pernik dekorasi rumah dengan nuansa Lebaran dan produk perlengkapan untuk persiapan mudik, hingga persediaan bahan makanan pokok di mana 75 persen masyarakat muslim di Indonesia lebih memilih belanja bahan makanan saat Ramadhan.
Diky Risbianto selaku Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) mengatakan, menurut hasil survei Populix terbaru, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menyiapkan anggaran belanja yang lebih tinggi jelang persiapan bulan Ramadhan, di mana Indeks Nilai Belanja secara umum juga mengalami peningkatan.
"Hal ini yang membuat Hero Group, sebagai perusahaan ritel, terus berkomitmen berinovasi memberikan layanan dan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Termasuk saat momentum Ramadhan dan Lebaran yang menjadi pendorong utama naiknya belanja masyarakat sehingga roda ekonomi berputar lebih kencang," ujar Diky Risbianto melalui keterangannya belum lama ini.
Diky menambahkan, dia memahami betapa pentingnya momen Ramadhan dan Lebaran bagi masyarakat muslim di Indonesia. "Melalui setiap unit bisnis kami, yaitu Hero Supermarket, Guardian, dan IKEA, kami berharap bisa memberikan solusi lengkap dengan beragam produk berkualitas untuk mendukung masyarakat Indonesia merayakan momen Ramadhan dan Idul Fitri," katanya.
Dewi Mardiana selaku Head of Commercial Hero Supermarket mengatakan, Hero Supermarket menawarkan beragam produk makanan dan minuman berkualitas untuk mendukung masyarakat menjalani ibadah puasa dan mempersiapkan Lebaran.
"Kami menemukan data, 42 persen masyarakat muslim Indonesia mencari makanan ready-to-cook untuk efisiensi saat menyiapkan sahur dan berbuka puasa, serta 53 persen lebih memilih berbelanja di supermarket dan di antaranya paling banyak berbelanja 1 minggu sebelum Ramadan," kata Dewi .
Oleh karena itu, lanjut Dewi, dia menyediakan corner khusus bulan Ramadhan yaitu makanan dan minuman yang paling sering dikonsumsi selama puasa, seperti kurma dan makanan, minuman, hingga hidangan penutup kemasan yang mudah dikonsumsi untuk memudahkan pelanggan.”