Direktur Utama Andyrahman Architect Andy Rahman menambahkan, digitalisasi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat di era sekarang ini. Digitalisasi juga menjadi bagian tak terpisahkan pada bisnis kearsitekan, terutama dalam hal dokumentasi dan publikasi.
"Publikasi adalah sarana untuk pemasaran yang bisa dilakukan lewat media sosial, termasuk cara membangun citra perusahaan kearsitekan agar dikenal publik," kata Andy.
Dia menyarankan memanfaatkan media sosial dengan baik untuk pemasaran atau pembentukan citra perusahaan. Apalagi, pengguna media sosial di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Secara keseluruhan, pengguna media sosial di Indonesia dengan berbagai platform mencapai 191,4 juta pengguna per Januari 2022 atau 68,9 persen dari populasi Indonesia.
"Ini pasar yang luar biasa. Ini harus disadari, apabila kita mengoptimalkan media sosial, sebetulnya itu bisa membuka peluang bisnis yang baru,” kata Andy.
Sementara itu, terkait digitalisasi, Head of Partnership Division Siberkreasi Oktora Irahadi mengingatkan gelombang digital juga memiliki sisi negatif, seperti penyebaran konten negatif di internet. Konten negatif tersebut antara lain kabar bohong (hoaks), perundungan siber (cyberbullying), dan radikalisme secara daring.
“Sisi baiknya adalah digitalisasi banyak menciptakan peluang pekerjaan baru. Contohnya adalah tingginya kebutuhan pembuat konten (content creator), spesialis media sosial, gamer, programmer, tenaga pemasaran digital, ataupun penerjemah. Kita harus pintar mengambil peluang-peluang tersebut,” tutur Oktora.
Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.